Beranda - Berita Pilihan - Sekwan Solsel Lepas, Kajari Padang Aro Kasasi

Sekwan Solsel Lepas, Kajari Padang Aro Kasasi

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Pengadilan Tipikor Padang yang memutus lepas terdakwa Sekwan Aswis dan kontraktor Fitriani alias Upiak Kambak dalam kasus dugaan korupsi dana cleaning service di Sekretariat DPRD Solok Selatan. Yang merugikan Negara sekitar Ro.30 juta, Kajari Padang Aro mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung.

Berdasarkan hasil sidang pengadilan Tipikor Padang, terhadap kedua terdakwa yang dituntut JPU dari Kejari Padang Aro masing Aswis 7 tahun penjara dan Fitriani 5 tahun penjara, dinyatakan majelis hakim tidak ditemukan telah melakukan dugaan tindak pidana korupsi. Sehingga kedua terdakwa diputus lepas.

Terkait dengan putusan majelis hakim pengadilan Tipikor Padang itu, pihaknya mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung, kata Kajari Padang Aro E.Nurhidayat.SH kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (30/12/2015).

Disamping itu Kajari juga menyatakan, bahwa Kasasi yang diajukan ke Mahkamah Agung tahun lalu terkait putusan bebas mantan Sekda Solok Selatan Drs.Adril dalam kasus dugaan korupsi perjalanan Dinas di Sekretariat Daerah Solok Selatan tahun 2008 yang merugikan negara sebesar Rp.1,5 milyar itu, sampai saat ini hasilnya belum turun.

Namun yang bersangkutan saat ini juga telah ditangkap pihak kepolisian Polres Solok Selatan dan dititipkan di rutan Muaralabuh dalam kasus dugaan korupsi dana silpa atau sisa anggaran tahun 2008 yang tidak dikembalikan ke kas daerah.

Menurut informasi di Polres Solok Selatan, dalam kasus dugaan korupsi dana silpa yang merugikan Negara sebesar Rp525 juta tersebut telah ditetapkan tiga tersangka. Masing- masing mantan Sekda Solok Selatan Drs.Adril (saat ini ditahanan di rutan Muaralabuh), mantan Camat Koto Parik Gadang Diateh Akhyarli (saat ini ditahan di sel Polres Solok Selatan) dan mantan bendahara Bupati Erifal Zeskin (saat ini ditahan di LP Muara Padang)

Menjawab pertanyaan wartawan berkenaan dengan kasus dugaan korupsi dana silpa dengan tiga orang tersangka tersebut, “sampai sekarang belum diterima berkasnya dari penyidik kepolisian Polres Solok Selatan” kata Kajari E.Nuthidayat.

“Bila berkas kasus tersebut telah kita terima, segera kita tindak lanjuti dengan mempelajari berkas serta pemeriksaan saksi- saksi, kemudian segera pula kita naikan ke Pengadilan Tipikor bila telah dinyatakan P.21 kata Kajari didampingi Kasi Pidsus David Jhoni, SH.

A. JALINUS/ARUN

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

LPMP Sumbar Maksimalkan Pelayanan

SPIRITSUMBAR.com – Guna mempererat tali silaturrahmi dan menyatukan langkah ke depan, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu ...