Beranda - Bisnis - Sawahlunto Serius Dorong Wirausaha
Deni Elita pengusaha cake dan coklat asal Sawahlunto - Erni/Spirit Sumbar
Deni Elita pengusaha cake dan coklat asal Sawahlunto - Erni/Spirit Sumbar

Sawahlunto Serius Dorong Wirausaha

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Sawahlunto – Tak hanya keterampilan, peserta pelatihan menjahit binaan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Sawahlunto juga mendapat kesempatan magang serta dipinjamkan 1 set mesin jahit untuk dibawa pulang sebagai modal memulai usaha. Ini diungkapkan Dwi Dharmawati Kepala Dinas Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Sawahlunto di ruang kerjanya.

Program ini adalah realisasi visi Pemerintahan Deri Asta untuk menciptakan lapangan kerja dengan melatih keterampilan kewirausahaan kepada masyarakat.

Dijelaskannya pemberian pinjaman 1 unit mesin jahit kepada peserta pelatihan adalah bantuan dari PTBA. “Karena keterbatasan dana APBD, kami tidak anggarkan, namun kami carikan solusi dengan meminta bantuan CSR PTBA sehingga ini menjadi solusi, semua peserta bisa memulai usaha dengan adanya mesin jahit yang bisa dibawa pulang” ujar Dwi Dharmawati.



Ibu beranak tiga ini menegaskan bahwa mesin jahit yang dipinjamkan tersebut bisa saja ditarik kembali, jika tidak dimanfaatkan oleh peserta BLK yang sudah menjalani pelatihan beberapa waktu lalu.
Artikel Lainnya

loading…


Untuk memaksimalkan kemampuan peserta, Pihaknya juga memagangkan peserta di beberapa penjahit yang ada di kota ini. Biaya kegiatan magang ini ditanggung oleh BLK Sawahlunto.

Selain pelatihan menjahit, BLK Kota Sawahlunto dalam waktu dekat ini akan menggelar pelatihan keterampilan servis HP. Karena banyaknya peserta yang telah mendaftar, sementara anggaran dibatasi untuk 16 peserta, maka pihaknya harus melakukan seleksi peserta. “Kita utamakan peserta yang memiliki minat serius untuk usaha dibidang ini” lanjutnya.

Menumbuhkan skill kewirausahaan, juga akan ada pelatihan bidang kuliner dan pelatihan mekanik kendaraan bermotor ke desa-desa.

Pelatihan usaha kuliner ditujukan di Desa Muaro Kalaban yang bersumber dari Dana Aspirasi DPR RI Dapil Sumbar. Sementara pelatihan mekanik ada 4 paket yang akan digelar langsung ke desa-desa dengan unit mobil pelatihan keliling.(rni)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi Amiruddin Bagus usai mencetak gol

Tertinggal Terlebih Dulu, Timnas U-18 Berhasil Tahan Malaysia

SPIRITSUMBAR.com, Vietnam – Tim Nasional (Timnas) U-18 Indonesia untuk sementara bermain imbang 1-1 dengan Malaysia ...