Beranda - Headline - Santripreneur Gandeng Kemen Kominfo BAKTI

Santripreneur Gandeng Kemen Kominfo BAKTI

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com –¬†Kementerian Komunikasi dan Informasi bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas telekomunikasi Informasi (BAKTI) telah menggelar sosialiasi tentang Teknologi Informasi berbasis pesantren di Pondok Pesantren Al- Hidayah Madrasah Tarbiyah Islamiyah Kalampaian Kecamamatan Sungaipagu Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar di Popentren setempat Rabu (5/2/2019).

Gelaran acara bertajuk Bakti Kominfo Untuk Negeri dengan mengusung tema ” Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guna menunjang Pembangunan Infrastrutur Melalui Sosialisasi Enterpreneur Digital Untuk Santri” itu dibuka Bupati Solok Selatan diwakili Sekretaris Daerah Ir. Yulian Efi.MM yang dihadiri Forkopimda, Kepala OPD, pengurus Yayasan, majelis guru dan siswa Popentren serta undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, bahwa kemajuan dan perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, sehingga tidak terbendung sampai ke daerah terisolir melalaui alat komunikasi modren. Tak tetkecuali juga mepengaruhi dunia pendidikan. Oleh sebab itu perlu disiasati dengan arif dan bijaksana.

” Masyarakat dan pelajar selalu disibukan dengan informasi dari smartphone, sehingga terkadang bangun tidur lihat HP, habis bekrja lihat HP dan habis bermain lihat, sehingga terkadang lupa shakat dan belajar” kata Sekda.
Sebelumnya Kepala Popentren Al-Hidayah Mualabuh, Ali Basri. S.HI telah melaporkan perkembangan Popentren yang dulu dikenal dengan nama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) itu berdiri tahun 1936 dengan pendiri alm. Buya Hasyim Usmail, alm Buya Drs. Ulyas Yatim dan alm Buya Ja’far Dt. R. Pendapatan.

Terkait dengan visi misi Popentren sebut Ali, adalah “Pengkaderan Ulama Yang Intelektual dan Mampu Menguasai Kitab Kuning. Sedankan misi diantaranya adalah menjadi santri yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

Sementara itu Ali juga mengharapkan untuk mendukung kegiatan belajar yang masih mengalami keterbatasan mohon kepada Kemen Kominfo dan Pemeri tah pusat, kiranya dapat membantu beberapa unit komputer untuk menghadapi UNBK dan kendaraan roda untuk transportasi, harapnya.

Bakti Kemen Kominfo yang pembina santri, DR. M. Sabirin mengatakan, bahwa acara yang diselenggarakan di Pipentren Al-Hidayah MTI tersebut merupakan kali yang ketujuh setelah Aceh, Sumut dan Pasanan Barat di Sumbar dan Jumat lusa di Kabupaten Kepulauan Mentawai dari jumlah 144 kali kegiatan pada tahap pertama, kta Sabirin.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan Santripreneuer Indonesia bersama Pemerintah melalui Bakti Kominfo untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak dan optimal, khususnya popentren yang berada di daerah tertinggal, pungkasnya.( Aj)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Masyarakat dan Guru SMP 13 Padang Demo Kepala Sekolah

SPIRITSUMBAR.com – Dunia pendidikan kembali bergolak. Kali ini terjadi di SMP Negeri 13 Padang, Kota ...