Beranda - Berita Pilihan - Sanggar Lubuak Nan Tigo Pukau Warga Rusia
Sanggar Lubuak Nan Tigo menampilkan tari tradisi dan tari kreasi Minangkabau di Moscow.

Sanggar Lubuak Nan Tigo Pukau Warga Rusia

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Moskow –  Sanggar Lubuak Nan Tigo berhasil memukau masyarakat Moscow saat menampilkan tari tradisi dan tari kreasi Minangkabau pada acara pembukaan Festival Indonesia ke-3 di Moscow Rusia,Jumat (3/8/2018).

Antusias pengunjung khususnya masyarakat Rusia terhadap penampilan dari tim Sumatera Barat ini terbukti dengan ramainya penonton yang hadir menyaksikant penampilan dari Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok ketimbang dari kesenian provinsi lainnya.

Penampilan sanggar Lubuak Nan Tigo saat membawakan tari  Labak Labuak Galabuak membuat Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry medvedev, pejabat Pemerintahan Rusia dan masyarakat Moscow berdecak kagum. Tari garapan baru yang gerakannya bersumber dari gerakan bungo silek yang berkembang di Kota Solok ini berhasil menyedot pengunjung paling banyak dari pada penampilan tari dari daerah provinsi lainnya.



Disamping menampilkan tari Labak Labuak Galabuak, sanggar lubuak Nan Tigo juga memapilakan tari parsambahan, tari indang tari piriang dan tari lainnya.

Sanggar Lubuak Nan Tigo diberi kepercayaan oleh KBRI menampilkan tari tradisi dan tari  kerasi Minangkabau setiap hari dengan materi yang berbeda-beda mulai dari tanggal 3 sampai 5 Agustus di Presnya Kresnaya Park Moscow. Kepercayaan itu dijawab sanggar Lubuak Nan Tigo dengan penampilan terbaiknya.

Festival Indonesia Ke-3 di Moscow ini dihadiri langsung oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry medvedev beserta pejabat Pemerintahan Rusia, Duta Besar Indonesia Mohamad Wahid Supriyadi, serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno yang langsung memimpin rombongan dari Sumatera Barat.

Antusias pengunjung khususnya masyarakat Rusia terhadap penampilan dari tim Sumatera Barat terbukti dengan ramainya penonton yang hadir menyaksikan disaat penampilan dari Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok ketimbang dari kesenian  Provinsi lainnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno turut mengapresiasi penuh terhadap suksesnya penampilan Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok. Kegiatan tersebut di biayai penuh oleh APBD Provinsi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Irwan Prayitno berharap dengan suksesnya penampilan dari tim kesenian Sumatera Barat dapat merubah mindset orang Indonesia bahwa tak hanya Bali saja yang kaya akan seni dan budayanya, tetapi Sumatera Barat juga tak kalah dengan Bali. “Seharusnya dengan adanya kegiatan ini, dapat merubah pemikiran kita, bahwa Sumatera Barat itu tak kalah juga dengan Bali dalam seni dan budayanya”ujar Irwan Prayitno.(Eri)



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...