Beranda - Headline - Sampai Jumpa di Pesta Anak Indonesia 2020
mewarna The Planners
mewarna The Planners

Sampai Jumpa di Pesta Anak Indonesia 2020

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang Panjang – Sukses dan meriahnya lomba mewarna yang dikemas dalam “ Pesta Anak Indonesia (PAI)” oleh Event Organizer ( IO) The Planners membuat sejumlah guru dan orangtua murid TK/ Paud di Sumbar bertanya tanya,kapan lagi lomba yang sama digelar ? Jawabnya, tahun depan.

Atas jawaban tadi, baik secara langsung maupun melului obrolan whatsapp pembimbing/ guru dan orang tua murid mengusul agar acara yang sama dibuat dua kali setahun. Lantas bagaimana jawab panitia pelaksana Jeyhan dan Fani Cs ?

PAI merupakan event tahunan, digelarnya ya sekali setahun. Namun demikian, mungkin cabangnya akan dikembangkan seperti rencana awal ada lomba fashion show busana muslim dan permainan anak anak.



Tahun ini tidak semua cabang lomba terlaksana lantaran musim kabut. waktu anak anak di luar ruangan dibatasi. Bahkan ada sekolah yang diliburkan hingga hanya lomba mewarna saja yang terlaksana, tambah Direktris The Planners Rahma Mutiara Jeyhan didampingi Penpel lainnya, Hendra, Oscar Fani Indah dan Iman.

para pemenang lomba, Wawako, Kadis Pariwisata dan ketua pelaksana Jeyhan
para pemenang lomba, Wawako, Kadis Pariwisata dan ketua pelaksana Jeyhan

Seperti dilansir media massa Sumbar, sebanyak 222 orang murid Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD dari berbagai daerah di Sumatera Barat hadir ke Pesta Anak Indonesia (PAI)-I/2019 di taman obyek wisata PDIKM Padang Panjang, Sabtu (12/10). Mereka adu kemampuan mewarnai gambar sketsa gerbang kota sejuk itu yang di Lembah Anai.




Dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, Medi Rosdian, semua karya peserta dipajang pakai jepitan pada tali di kiri-kanan jalan utama obyek wisata PDIKM. Semua karya itu selain bisa diamati satu persatu oleh juri, juga oleh peserta, dan ratusan pendamping guru dan orang tua murid yang ikut, serta pengunjung lain.

Tiga orang juri, yang terdiri Sintha Sepri Sani,SSen,MSi dan Hendra Saputro dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang serta Yetti Harni (wartawan) mengambil 30 karya yang dianggap terbaik sebagai finalis. Selanjutnya, mereka melakukan penilaian lebih ketat untuk memilih Juara-I, II, III, IV,V dan VI.

Hasil akhir, tampil sebagai Juara-I karya Syakiratul Azzahra dari TK Al-bayan. Paninjauan, X Koto Kabupaten Tanahdatar. Juara-II karya Maura Asyifa (RA Al Quran Thawalib Padang Panjang). Juara-III,Ceisya Janeeta Milovi (TK Kartika Padang Panjang). Mereka dapat hadiah uang Rp 1 juta, Rp 500.000 dan Rp 300.000 plus piala dan sertifikat.

Sedang Ranking-4 ditempati oleh karya Mikhaila Azzahra (RA Al Quran Thawalib Padang Panjang ), Ranking-5 oleh Syafiq Arkan Adafi (RA Al Quran Thawalib Padang Panjang), dan Ranking-6 oleh Sulthan Zaiyyan Ghani Rachman (RA Al Quran Thawalib Padang Panjang). Mereka masing-masing dapat bonus uang, di samping sertifikat dan botol minuman cukup cantik yang juga diperoleh oleh semua peserta.

Wakil Walikota Asrul di antara sambutannya saat menutup PAI-I/2019, memberi apresiasi yang tinggi kepada The Planners, event organizer (EO) yang berisi sejumlah anak muda kreatif Padang Panjang, sebagai penyelenggara. Sebab, lomba mewarnai bisa meransang motorik anak, kesabaran dan sebagai ruang kreatif yang memperkenalkan anak pada dunia warna serta batas garis tepi.

Wawako Asrul juga memuji, karena peringatan World Tourism Day (Hari Pariwisata Dunia) 2019 di Sumatera Barat hanya satu-satunya dari Kota Padang Panjang yang ada kegiatan event cukup meriah. Terobosan ini diharapkan akan terus dilanjutkan dan dikembangkan pada tahun-tahun mendatang.

Karena, dari event yang berkelanjutan dan dikembangkan itu juga akan berpotensi meningkatan keramaian kunjungan wisatawan. Selanjutnya, juga akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi kota dan penerimaan asli daerah (PAD), di samping peningkatan aneka usaha ekonomi warga.

Sebelumnya, support dan harapan senada juga disampaikan oleh Plt.Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang, Medi Rosdian di antara sambutan singkatnya saat membuka PAI-I/2019 itu paginya. Itu sebabnya, Dinas Pariwisata memberikan dukungan dan bantuan fasilitas terhadap pelaksanaan event tersebut.



Laporan Pimpinan The Planners Padang Panjang, Rahma Mutiara Jeyhan, menyebut PAI-I/2019 digelar sejalan upaya ikut berkontribusi memeriahkan WTD 2019 di Kota Padang Panjang, meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekonomi daerah. Berikut, ikut memberi wadah bagi anak-anak dalam penyaluran bakat dan berkarya.

Kepada The Public Jeyhan menyebutkan, “ hebohnya”acara ini tak lepas dari piawainya Yuli Once dan Alvin sebagai MC, promosi media partner, Tabloid The Public, portal berita editor.com, Tabloid Editorial dan spiritsumbar.com.

Tentunya juga kerja sama yang solid penyelenggara , Hendra, Fani Yati.F, Oscar,Indah Fany, Imam, berikut para relawan dari Ruang Baca Rimba Bulan, Alvin, Asep,Fajri, Hakim, Suci, Nurul,Halimah,Wilda dan Ami.Ada relawan dari ISI, Tari dan Sam, Sheni dari kelas baca Tanda Baca Padang Panjang serta Air dari TBM Gerbang Kita Payakumbuh. ( Yetti Harni)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Ekonomi Melambat, Ketua DPD RI Ajak Kadin Selalu Berkreasi

  SpiritSumbar com, Surabaya – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Lanyalla Mahmud Mattalitti mengajak ...