Minggu , 23 September 2018
Beranda - ADVERTORIAL - Sahkan Tiga Ranperda, Elly Thrisyanti : Maksimalkan Sosialisasi
Ketua DPRD Padang bersama Pjs Walikota Padang pada rapat paripurna pengesahan tiga ranperda
Ketua DPRD Padang bersama Pjs Walikota Padang pada rapat paripurna pengesahan tiga ranperda

Sahkan Tiga Ranperda, Elly Thrisyanti : Maksimalkan Sosialisasi

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) berhasil disahkan DPRD Kota Padang melalui rapat paripurna yang digelar di Gedung Bundar Sawahan, Senin (5/3/2018).

Ke 3 Ranperda yang disahkan itu, adalah perubahan ketiga atas Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, perubahan atas Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha dan perubahan kedua atas Perda Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

Penyerahan hasil Pansus DPRD Padang
Penyerahan hasil Pansus

“Perda retribusi tersebut memang memerlukan beberapa koreksi untuk mensinergikan dengan aturan-aturan yang lebih tinggi, agar dapat berjalan ke arah yang lebih baik,” kata Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti usai paripurna.

Ia meminta kepada Pemko untuk dapat menyosialisasikan perda itu kepada masyarakat secara proaktif. Sehingga, katanya, masyarakat memahami dan mengetahui manfaat dari perda tersebut. “Dan diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan PAD Kota Padang secara signifikan,” ujarnya.

Pembacaan hasil Pansus
Pembacaan hasil Pansus

Pjs Wali Kota Padang, Alwis mengatakan, retribusi merupakan salah satu sumber pendapatan daerah disamping dana alokasi dari Pemerintah Pusat. “Oleh sebab itu Pemko menyampaikan perubahan ketiga itu untuk meningkatkan pendapatan daerah sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” katanya.

Dalam pembahasan yang telah dilakukan hingga disetujui perda tersebut, ia mengatakan, terdapat beberapa objek retribusi yang mengalami perubahan dalam Perda Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. “Yaitu retribusi pelayanan pasar, pengujian kendaraan bermotor, tera dan tera ulang dan pengendalian menara telekomunikasi,” sebutnya.

Penandatangan kesepakatan DPRD Padang dengan Walikota Padang
Penandatangan MoU Tiga Ranperda

Sedangkan pada Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, terdapat enam objek yang mengalami perubahan tarif, yaitu retribusi pemakaian kekayaan daerah, terminal, rumah potong hewan, tempat rekreasi dan olahraga, penjualan produksi usaha daerah dan pertokoan.

Prinsip dan sasaran dalam penetapan besarnya tarif retribusi jasa usaha, lanjutnya, didasarkan pada tujuan untuk memperoleh keuntungan yang layak atas pemakaian kekayaan dan produksi usaha daerah yang pelayanannya dilakukan secara efisien dan berorientasi pada harga pasar.

Anggota DPRD Padang menghadiri rapat paripurna
Suasana Rapat paripurna

Kemudian perubahan kedua atas Perda Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu terdapat dua objek retribusi yang mengalami perubahan, yaitu retribusi izin mendirikan bangunan dan retribusi izin usaha perikanan.

Menurutnya, ketiga ranperda tersebut disepakati dengan tetap mempertimbangkan kemampuan daya beli masyarakat serta komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk memberlakukan ketiga perda tersebut, katanya, sosialisasi dilakukan selama enam bulan setelah disahkan. Kemudian, baru OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dapat melakukan tarif retribusi yang baru. (Adv)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Minat Penentu Kesuksesan

Oleh: Yoan Valenza (Siswa SMAN.1 Pulau Punjung ) Menurut hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa kurangnya ...