Beranda - Headline - Safril Basyir Bahas Perilaku Menyimpang Dengan Ninik Mamak

Safril Basyir Bahas Perilaku Menyimpang Dengan Ninik Mamak

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Mantan sekdako Padang Safril Basyir imbau masyarakat Lubuk Begaluang, Lubuk Kilangan dan Bungus Teluk Kabung aktif mengontrol prilaku menyimpang di tengah masyarakat.

Imbauan ini disampaikan putra asli Lubeg dan Luki ini, saat berdiskusi dengan sejumlah ninik mamak suku melayu di kawasan Cengkeh.

Dalam diskusi tersebut, dipaparkan sejumlah persoalan prilaku menyimpang masyarakat dari ajaran agama dan aturan adat.



Seperti maraknya pengunaan narkoba dikalangan generasi muda, tawuran antar geng motor dan pemuda serta modus kejahatan kriminal lainya.

Menyikapi kondisi tersebut, Syafril Basyir mantan Camat Bungus Teluk Kabung ini mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kontrol sosial dilingkungan masyarakat.

Hal ini dapat dilakukan dengan menghidupkan lagi pertemuan antar warga oleh RT dan RW bersama tokoh masyarakat. Ronda malam, kegiatan kepemudaan di bidang seni, budaya, agama dan olahraga.

Dan yang tak kalah penting perkuat komunikasi dengan internal suku di daerah masing masing.”Saya melihat untuk di wilayah Kecamatan Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan dan Kecamatan Bungus Teluk Kabung masih kuat peran kelompok suku. Nah ini merupakan pondasi kuat untuk mengurai persoalan negatif masyarakat. Anak kamanakan bersama bundo kanduang, rang sumando serta ninik mamak memiliki peran strategis menyikapi persoalan ini,” terang mantan aktifis pemuda Kota Padang di era orde baru ini.



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Esteban Vizcarra saat berkostum Semen Padang FC

Jelang Hadapi Hongkong, Bima Sakti Pulangkan Esteban Vizcarra

Spiritsumbar.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti memulangkan Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanussa jelang ...