Selasa , 18 Desember 2018
Beranda - Berita Pilihan - Rendang Sumbar Sitawa Sidingin Korban Gempa Lombok

Rendang Sumbar Sitawa Sidingin Korban Gempa Lombok

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Lombok  – Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Nasrul Abit serahkan bantuan Pemerintah Provinsi dan masyarakat Sumatera Barat untuk penanggulangan bencana dan masyarakat korban gempa Lombok pada tanggal 5 Agust 2018 lalu, di Media Center Tanggap Darurat Bencana Lombok di Aula Gedung Sangkareang Kantor Gubernur NTB pada Rabu (8/8/2018) malam.

Penyerahan bantuan berupa uang sebesar Rp350 juta dan Rendang 460 kg tahap 1 simbol dari 1 ton rendang sumbangan masyarakat Sumatera Barat, merupakan bentuk kepedulian sebagai sesama sebangsa dan setanah air Indonesia terhadap musibah bencana gempa bumi yang sedang alami masyarakat Lombok saat ini.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela kegiatan penyerahan bantuan tersebut yang di dampingi oleh Ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Ny. Wati Nasrul Abit dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar dan disambut Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ir. H. Rosiady Sayuti bersama Kepala Bappeda NTB Ir. Ridwan Syah dan pejabat Pemprov NTB lainnya.



Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit berharap, dengan bantuan ini, dapat meringankan beban penderitaan masyarakat korban gempa dalam pemulihan yang dialaminya , akibat parah dampak gempa bumi.

Tentunya bantuan yang tidak begitu besar ini belum lagi memenuhi kebutuhan penanggulangan penanganan bencana, namun minimal dapat membantu meringankan dan semoga bisa bermanfaat, harap Wagub Nasrul Abit.

Wagub Nasrul Abit juga menuampaikan, Pemprov Sumbar juga juga akan mengirim Tim evakuasi dan penanganan bencana (BPBD) Sumbar dan disamping itu tim relawan kesehatan lainnya ikut turun kelapangan.

Pak Gubernur Irwan Prayitno Atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat ikut berduka cita atas musibah yang menimpa masyarakat Lombok atas beberapa lokasi, kabupaten yang terkena dampak bencana gempa bumi, semoga para korban dan keluarga dapat bangkit dan tabah dalam cobaan ini, ujar Nasrul Abit

Wagub Nasrul Abit juga menghimbau masyarakat Sumatera Barat yang berkeinginan memberikan bantuan rendang dan berupa yang lain, pakai sekolah, selimut, dan lain-lain dapat menyerahkannya kepada Kantor BPBD Provinsi untuk menyalurkan kepada korban bencana gempa bumi Lombok ini,

Dalam kesempatan tersebut Sekdaprov NTB Rosiady mengucapkan rasa terimakasih sebagai satu saudara yang sedalam-dalamnya atas penyerahan bantuan dari pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat.

Selanjutnya bantuan ini akan segera didistribusikan kepada yang kena dampak dan berhak menerimanya sesuai kebutuhan, ujarnya

Ketua Gebu Minang NTB H, Jamuris Dt. Bandaro Jambak, ditempat terpisah menyampaikan, data sementara masyarakat Lombok asal minang yang terkena dampak gempa, rumah rusak parah 3 unit, rusak sedang dan ringan 9 unit.

Data ini belum final masih akan terus dihimpun sesuai perkembangan karena masih ada daerah yang belum terjangkau dikunjungi karena masih tinggi mobilitas tim evakuasi bencana dibeberapa lokasi. Korban meninggal tidak ada, luka-luka ada 7 orang di Lombok Utara.

Saat jumlah masyarakat asal minang sekitar 6,000 kk, profesi yang dominan adalah pedagang wiraswasta (pedagang rumah makan, kelontong), hanya sekitar 5 persen berprofesi sebagai ASN, TNI dan Polri, ujarnya

H. Jamris amat senang dengan adanya bantuan rendang dari kampung halaman Sumatera Barat, yang tentunya dapat membantu korban yang terkena bencana. Khusus rendang ini tentu akan membawa kerinduan dan kebanggaan akan ranah minang.

Sementara itu bantuan rendang 460 kg yang dibawa kemaren bersama cargo garuda terlambat sampai ke lombok karena overload, rencana baru hari ini(kamis pagi red) dikirim pada panerbangan pertama garuda pagi.



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dua dari 5 pelaku judi yang diamankan Satreskrim Polres Lampung Utara

Aduh, Pria Sudah Bau Tanah Kena Grebek Sedang Berjudi

SPIRITSUMBAR.com – Satuan Reserse  Kriminal (Satreskrim) dan Polsek Kotabumi Utara Polres Lampung Utara, grebek rumah ...