Beranda - Headline - Ratusan Pelajar Ikuti Talk Show Literasi

Ratusan Pelajar Ikuti Talk Show Literasi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Air Haji – Sebanyak 183 pelajar SMA dan SMP di Pesisir Selatan mengikuti talkshow literasi di Aula Kantor Camat Air Haji pada Minggu, 22 Juli 2018.

Kegiatan yang digelar Komunitas Laskar Anak Nagari mengangkat tema tentang literasi dan generasi milenial. Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada pelajar tentang pentingnya literasi, khususnya budaya menulis dan membaca.

Karena selama ini, literasi menjadi suatu hal yang asing bagi masyarakat. Apalagi dengan masih rendahnya minat membaca dan menulis di kalangan pelajar sebagai generasi milenial.



Kegiatan ini menghadirkan pemateri-pemateri inspiratif, diantaranya penulis freelance, Hazzah R. Haulin,  Founder Komunitas LAN Pessel, Eko Irwan dan  Kabid Perpustakaan Pesisir Selatan, Syafrianto.

Ketua Panitia, Wengki mengungkapkan kegiatan ini adalah pertama kalinya diadakan di Pesisir Selatan khususnya Kecamatan Linggo Sari Baganti. Dia tidak menyangka ternyata mendapat apresiasi yang luar biasa dari pelajar serta Pemda Kabupaten Pesisir Selatan.

“Pembina komunitas, Syafrul juga memberikan motivasi dan dukungan moril kepada teman-teman komunitas yang tampil beda dengan mengangkat isu pendidikan khusunya literasi,” ujarnya.

Hazzah sebagai pemateri pertama, memberikan inspirasi kepada pelajar dalam kiat-kiat menulis dan memunculkan ide-ide dalam bentuk tulisan.Sementara, Eko mengupas tentang pengenalan komunitas LAN Pessel sebagai wadah bagi generasi muda untuk berkarya dalam pendidikan dan literasi.

Syafrianto menjelaskan peran pemerintah dalam literasi dan mendukung kegiatan-kegiatan anak muda dalam menggiatkan literasi. 



Kegiatan ditutup dengan launching komunitas yang diresmikan oleh Syafrianto. Sekaligus mengukuhkan pelajar yang hadir dalam kegiatan sebagai relawan muda komunitas Laskar Anak Nagari Pesisir Selatan. 

Mereka diarahkan dan dibimbing dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya sebagai bagian dari agen literasi komunitas di tengah-tengah masyarakat.

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Timnas Indonesia saat laga ujicoba melawan Myanmar (foto PSSI)

Hadapi Hongkong, Pembuktian Bagi Timnas Senior

Spiritsumbar.com – Tim Nasional Indonesia bertekad meraih kemenangan melawan Hongkong pada laga uji coba internasional ...