Beranda - Headline - Rahasia Shalat Subuh
Kapten Irfandri, Perwira pembina mental tergabung dalam pasukan TMMD 97 menjadi imam shalat maghrib berjemaah dengan makmum warga Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas. (foto Niko – Spirit Sumbar)
Kapten Irfandri, Perwira pembina mental tergabung dalam pasukan TMMD 97 menjadi imam shalat maghrib berjemaah dengan makmum warga Kampung Tanjung Kandis, Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas. (foto Niko – Spirit Sumbar)

Rahasia Shalat Subuh

Print Friendly, PDF & Email

Siapa yang rajin sholat subuh? Wah, pasti bahagia ya, apalagi sholatnya dilaksanakan secara berjama’ah.

Karena orang yang melaksanakan shalat subuh tergolong orang-orang yang beruntung.

Dan bagaimana dengan kita yang masih enggan melaksanakan sholat subuh? Bagi kita yang enggan melaksanakan sholat subuh, maka tergolong sederetan orang-orang yang sangat merugi.

Harus kita ketahui bahwa sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa. Bukannya sholat lainnya tidak istimewa, hanya saja sholat subuh ini lebih agung. Wajar dong, karena jika dibandingkan dengan sholat lainnya, sholat subuh terkesan amat berat.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan sholat subuh.

A. Allah menjadikan sholat subuh sebagai barometer Iman

Kalau sholat lainnya merupakan tolak ukur menentukan kebaikan amal ibadah seseorang, maka dalam sholat subuh masih terdapat nilai plus-nya lagi, yaitu sholat ini bisa dijadikan sebagai ukuran apakah seseorang memiliki keimanan yang kuat atau lemah.

Rasulullah Saw memberikan gambaran tentang mengukur tingkat keimanan seseorang. “Kalau memang ia benar, pasti mereka akan menghadiri pelaksanaan sholat subuh dan isya”.

Dan jika mereka mengaku beriman, akan tetapi tidak melaksanakan sholat subuh dan isya, maka keimanannya harus dipertanyakan.

B. Allah Memperlakukan Khusus Terhadap Sholat Subuh

1. Sholat Subuh Merupakan Salah Satu Sholat yang Pertama Kali Diwajibkan atas Kaum Muslimin, disamping Sholat Ashar.

Sholat ashar dalam perjalanannya mengalami perubahan, yang semula hanya dua rakaat, tapi setelah peristiwa isra` dan mi`raj berjumlah empat rakaat. Beda halnya dengan sholat subuh dari pertama diperintahkan sampai sekarang masih berjumlah dua rakaat.

Artinya perintah sholat subuh sampai saat ini yang kita jalani sama dengan kaum muslimin pada zaman nabi.

Dari kenyataan ini mengisyaratkan bahwa sholat subuh itu penting dan diperlukan oleh setiap umat muslim.

2. Adzan Yang Terdapat Dalam Sholat Subuh Berbeda dengan Adzan Sholat Lainnya

Empat waktu sholat lainnya memiliki kesamaan lafaz adzan, namun beda dengan sholat subuh, pada lafaz adzannya terdapat dan terdengar lafaz tambahan yaitu “ash sholat khairul minan nauuum” (sholat itu lebih baik daripada tidur)

3. Pelaksanaan Sholat Subuh Disaksikan oleh para Malaikat

Betapa mulianya waktu sholat subuh, sehingga para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan manusia yang menunaikan ibadah sholat subuh.

Bagaimana saudara, betapa begitu mulianya sholat subuh ini. Masih enggankah kita untuk melaksanakan sholat subuh? Masih ingin menarik selimut di kala adzan berkumandang?

Bayangkan betapa ruginya kita melewatkan waktu sholat subuh ini. Jangan sampai kita tergolong orang-orang yang sangat merugi.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pedagang Kaget, Kapolda Kepergok Temani Istri Berbelanja di Pasar Tanah Kongsi

SpiritSumbar.com, Padang – Pagi sehabis olahraga, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bikin kaget para pedagang ...