Beranda - Berita Pilihan - Prospek Glamaur Geopark Silokek
Geopark Silokek Sijunjung (foto twitter puji basuki)
Geopark Silokek Sijunjung (foto twitter puji basuki)

Prospek Glamaur Geopark Silokek

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Riyon.
Sebelum lebih jauh pengembangan geopark Silokek yang dirintis terwujudnya geopark tingkat dunia. Tentu harus mengenal latar belakang Konsep Geopark. Geopark merupakan suatu konsep manajemen sumber daya (geodiversity) sebagai daya tarik wisata, yang mencakup sosial-budaya dan pariwisata.

Pengembangan geopark berpilar kepada, aspek konservasi, aspek edukasi dan aspek pengembangan nilai ekonomi lokal melalui kegiatan pariwisata.

Aspiring Geopark Silokek dengan luas wawasan, 1300 Km2 berlokasi di Kec. Sijunjung dan Kec. Sumpu Kudus Kab. Sijunjung dengan jumlah penduduk 68.000 jiwa.

Karakter geologi yang menonjol di Silokek adalah adanya batuan tua berumur 359 juta tahun. Terdiri dari kelompok Karst, Batuan Sendimen, Batuan Metamorf dan intrusi Granit (Dian.H., 2018). Goa-goa yang terbentuk akibat intrusi air tanah pada karst.

Perkampungan Adat di Nagari Sijunjung, satu-satunya di dunia perkampungan dengan nuansa Minangkabau yang masih melaksanakan Ruh Adat Minangkabau. Sistem Materilieal Minangkabau menejemen kaum. Sistim pemilihan dari pewarisan tanah, posisi dan kedudukan perempuan, Rumah Gadang dan lingkungannya, pola perkampungan (arsitektur dan lansekap), pakaian adat, keragaman kuliner dan cara makan.

Museum dan Perpustakaan Rajo Ibadat. Rajo Ibadat merupakan salah seorang raja dari 4 raja di masa lalu, yang menjadi pilar berdirinya Kerajaan Minangkabau.

Sejarah PDRI, juga mengambil tempatnya di Sumpur Kudus alam proses Kemerdekaan Indonesia. Dalam sejarah PDRI tak akan melupakan peran Safruddin PrawiraNegara. ( Febrin AM; Dkk 2018)

Disamping Geologi Site di Geopark Silokek, kekayaan keanegaragaman hayati sungguh luar biasa,. Dr. Tesri Meideliza, M.S. M.Sc. Pakar biologi dari Unand juga sudah membuat daftar Biologi Site di Geopark Silokek (B1 s/d B 13). Inipun masih banyak yang belum masuk dalam biologisite ,masih banyak himpunan informasi dan dukumentasi dari berbagai sumber, termasuk dari penggiat senior penyelamat lingkungan yang seringblusukan kekawasan hutan belatara di Kab.Sijunjung.

Sementara kekayaan budayanya sudah masuk dalam Aspiring Geopark Silokek (C.1 s/d C 18) bahan peyusunannya dari hasil survai oleh Dekan FIB. Unand. Untuk olahraga ektrim di Batang Kuatan, antara lain arung jeram, kazak. Untuk adventurir, penjelajahan kawasan hutan perbukitan karst dan menyelusuri lorong gelap (goa).

Master Plan Dan Perencanaan Awal Pembangunan Geosite:
Untuk dasar dan landasannya tentu dibuatnya “Master Plan”,tujuannya agar pelaksanaan pengembangan geopark terarah dan terukur, dapat dilakukan secara efekif dan efisien. Pertimbangan dalam membuat Masterplan: antara lain: Tata guna lahan, Lokasi geosite atau objek wisata, Ondisieksisting infrastruktur.

Didalam Masterplan tersebut lengkap antara lain : Jalur Transportasi, Sistem Jaringan Infrastruktur.Dalam pembangunan Geosite penataannya sesuai standar nasional yang ditetapkan (SK.N0.1 Tahu 2017 Kementrian Pariwisata). Dalam pembangunan geosite disesuaikan dengan fungsinya.Dilakukan secara bertahap . Masalah anggaran pembangunannya meliputi anggaan Pusat, Provinsi, Kabupaten an Nagari.

Gerbang Utama(Gate):
Gerbang Utama memasuki kawasan Geopark Silokek, pada kawasan ini terdapat Pusat Informasi, Pusat, Dermaga, Sovenir, Kuliner, Menara Pandang, Rest Area dan Zoning Parkir. Adapun lokasi Gate di letakkan di dekat 3 pertemuan sungai, Batang Ombilin, Batang Palangki dan Sukam, yang akan menjadi icon untuk Kab. Sijunjung di masa yang akan datang.

Geopark Silokek sangat layak didukung menjadi Global Park, Karena memiliki keunggulan geologi dan budaya yang sangat signifikan. Geopark Silokek sangat dipelukan oleh masyarakat Kab. Sjunjung , agar kekayaan alam dan budaya yang bisa dipertahankan pada masa yang akan datang , sekaligus mensejahterakan masyarakat.

Perkiraan Rencana Biaya dan Waktu :
Pembangunan Geopark Silokek pambangunan geosite-geosite prioritas serta fasilitas-fasilitas penunjang pada tahapan awal, biaya pengembangan Geopark Silokek total jendral Rp 730. 515.000.000,-. Pembangunan untuk jangka 3 tahun dimulai dari Pekerjaan Persiapan., Perkampungan Adat, Musium Rajo Ibadat dan Perpustakaan, Biodiversity Center, Geosite Silokek, Gerbang Utama, Fasilitas Penunjang: Fisik Infrastruktur Jalan dan Non Fisik : Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk mewujudkan Geopark Siloke kmenjadi “Global Park”, perlunya sinergi dari semua pihak, baik itu Pemerintah Pusat,Daerah, Badan Swasta dan dukungan masyarakat dengan tertuang dalam komitmen yang kuat, sebagai ikatan yang sangat kokoh keberhasilan Geopark Silokek. (Febrin. 2018). Motto Suksek Geopark Silokek “ Mari Kita Bangun Kebersamaan, Wujud Keberhasilan “ ( Priyono;-2018).

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Tanpa Industri, Ini Strategi Sumbar Menurunkan Angka Kemiskinan

SpiritSumbar.com – Sumatera Barat bukanlah daerah indutri padat karya, tidak ada indrustri yang berkembang baik ...