Beranda - Pendidikan - Artikel - Program Kehati Merengkuh PAD
Riyon
Riyon

Program Kehati Merengkuh PAD

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Riyon

Pemda Kab. Sijunjung  tahun 2015 ketika itu masih ada Badan Lingkungan Hidup, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BLHMPT) telah berhasil membuat buku Tentang Profil Keanekaragaman Hayati Daerah  Kab. Sijunjung.

Buku yang kedua di tahun yang sama Tentang Vegitasi (tutupan lahan kritis) dalam menunjang Program Menuju Indonesia Hijau (MIH) dari pemerintah pusat yang di verifikasi per lima tahun. Kondisi saat ini BLHPM PT yang waktu itu statusnya membidangi kehati.

Lalu bulan Desember 2016 terjadi perombakan secara frontal dari status SKPD  setelah keluar Permendagri No. 18 tahun  2016, mulai 1 Januari 2017 berubah menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemangkunya kepentingan ranah kehati ,  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kab. Sijunjug, yang membidangi Kehati.



Meskipun kawasan hutan di Kab. Sijunjung tinggal sekitar 56 persen, kekayaan kehati tak usah diragukan masih bisa bernafas lega. Masih banyak sebaran kehati di kawasan Hutan Lindung maupun di kawasan Hutan Produksi disamping Amprphopalus dan lainnya.Paling menarik  “Spesies Anggrek Alam”.

Kalau pemerintah betul betul serius berinisiatif dan inovasi dalam pengelolaan Keanekaragaman Hayati (Kehati) Daerah Kab Sijunjung, dalam upaya tercapainya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Serta peningkatan peran serta umpan balik  berbasis pendekatan baru pengelolaan kehati tersebut dengan masyarakat yang berdomisili disekitar kawasan hutan.

Dampak positif bagai tetesan-tetesan embun dipagi hari,pengelolaan kehati daerah,income masyarakat yang berdomisili disekitar kawasan hutan dalam pandangan  prespektif tarap ekonomi akan  lebih baik, positif  bahkan membaik, memahami  Kriteria: “Inisiatif Kreatif dan Inovatif Pengelolaan Potensi Kehati Dalam Upaya Tercapainya Peningkatan PAD”

Selanjutnya: Kehati, Upaya Serius Menggali Potensi

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Apresiasi untuk Sumbar, Raih KASN 2018

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima Anugrah Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN) Tahun 2018 ...