Minggu , 18 November 2018
Beranda - Berita Pilihan - Pramuka Ciptakan Generasi Kreatif

Pramuka Ciptakan Generasi Kreatif

Print Friendly, PDF & Email

SPRITSUMBAR.com –  Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menjadi Inspektur Upacara Raimuna VI Daerah Sumbar di Bumi Perkemahan Padang Besi Padang, Senin (5/11/2018).

Hadir perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, dan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Ranting se-Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar mengatakan melalui kegiatan Raimuna yang merupakan perkemahan besar pramuka bisa mendidik seseorang untuk menjadi pribadi yang disiplin.

“Generasi muda yang berkarakter dapat membangun bangsa dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ungkapnya.

Menjadi pembina sekaligus membuka acara Raimuna, Nasrul Abit juga menyampaikan pendapat masyarakat mengenai pendidikan harus diluruskan.

“Adanya kegiatan pramuka dapat memberikan kontribusi dan mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia,”ujarnya.

Gerakan Pramuka juga memberikan kontribusi yang nyata dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, karakter, dan lain sebagainya.

“Bersosialisasi dan sikap cinta tanah air harus diterapkan agar generasi penerus bangsa dapat melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia,” ujar Nasrul.

Raimuna juga merupakan kegiatan yang sehat, menyenangkan, dan bisa mempererat tali persaudaraan yang disesuaikan dengan kode kehormatan pramuka.

Melalui Raimuna diharapkan dapat meningkatkan potensi pramuka Sumbar, membangun diri menjadi jiwa yang berkarakter dan kreatif, serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Ketua Sangga Kerja Raida VI, Rolin Putri mengatakan ada 15 Kabupaten/Kota yang mengikuti Reimuna VI tahun 2018.

“Empat Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya,Kota Solok, dan Kota Pariaman tidak mengikuti Reimuna VI karena tidak memiliki anggaran,” ujarnya.

Acara yang dilaksanakan dari 4-8 November 2018 ini akan mengadakan berbagai kegiatan. Tidak hanya dari segi kepramukaan saja, misalnya dari segi keagamaan.

“Kegiatan yang diadakan beragam, mulai dari upacara pembukaan dan penutupan, fotografi dan perfilman, protokol, pentas seni dan budaya, dan lain sebagainya,” ujar Rolin (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...