Beranda - Headline - Potensi Investasi Padang Panjang Dipresentasikan di Medan

Potensi Investasi Padang Panjang Dipresentasikan di Medan

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang Panjang  – Ballroom Hotel Aston, hotel bintang-5 di Kota Medan, Sumatera Utara.

Itulah tempat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Padang Panjang, Ewasoska akan mempresentasikan potensi investasi di kota kecil itu, Jumat (15/11/2019) ini.

Ewa, sapaan birokrat kharismatik ini, tidak tampil sendirian dari Sumatera Barat di forum yang akan dihadiri oleh sejumlah pengusaha regional, nasional dan internasional itu.




Ada utusan dari Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanahdatar dan Kab. Pasaman. Ketiganya, juga menyampaikan presentasi potensi investasi di daerahnya.

Artikel Lainnya

loading…


Utusan dari 4 kota/kabupaten dari Sumbar ke forum ekslusif itu menurut Ewasoska sebelum bertolak ke Medan, adalah bagian dari kegiatan Sumbar Ekspo oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Medan. Tujuan kegiatan ini adalah bagian dari upaya menarik calon investor berinvestasi di Sumbar, teritama di empat daerah tadi.

Terkait Kota Padang Panjang, ada 8 potensi yang hendak ia presentasikan. Rinciannya, potensi sumber mata air mineral, pembangkit listrik tenaga micro hydro, PLTS tenaga surea, pengembangan geopark, pariwisata dan kuliner, industri/kerajinan kulit, pengembangan perguruan/PT Islam, dan pengelolaan sampah.

Ke delapan potensi tadi, memang cendrung untuk investasi menengah ke bawah, bukan investasi besar. Itu sesuai kondisi Padang Panjang sebagai kota kecil 23 KM2 (versi Padang Panjang dalam Angka 2016), terkecil ketiga di tanah air, setelah Kota Mojokerto di Jawa Timur (16 KM2) dan Kota Bogor di Jawa Barat (21 Km2).

Sebetulnya, seperti diakui oleh Ewa, ada sejumlah potensi lain dimiliki Kota Padang Panjang. Di antaranya, kekayaan deposit batu kapur, usaha peternakan sapi perah dan produk hilirnya, budidaya ikan air tawar/ikan hias, budidaya tanaman hias, dan sebagai salah satu pusat ivent di tanah air.




Tapi karena waktu cukup terbatas, makanya materi yang bisa dsampaikan terbatas pula. Terhadap 8 materi potensi yang diajukan tadi saja diminta dikurangi oleh panitia. Karena itu, dalam prestasi nanti Ewa menyebut akan berupaya lebih selektif atas potensi yang lebih berpeluang bisa dirialisir dalam 4 tahun ke depan.(yetti harni).

Video Pilihan : Berzanji Memuji Nabi

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Potensi Danau Maninjau Antara Ada dan Tiada

SpiritSumbar.com Padang – Danau Maninjau merupakan satu kawasan yang cukup indah dengan segala potensi besar ...