Beranda - Covid19 - Positif Virus Corona di Sumbar Bakal Bertambah, Ini Potensinya
Warga Dharmasraya yang berstatus PDP Virus Corona dirujuk ke RSUP Dr. M. Djamil Padang (foto Eko/Spirit Sumbar)
Warga Dharmasraya yang berstatus PDP Virus Corona dirujuk ke RSUP Dr. M. Djamil Padang (foto Eko/Spirit Sumbar)

Positif Virus Corona di Sumbar Bakal Bertambah, Ini Potensinya

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Padang – Jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona di Sumatera Barat bertambah satu orang menjadi enam orang.

Hasil sampel pasien di Sumbar kini bisa diketahui lebih cepat setelah Universitas Andalas, Padang, diizinkan Kementerian Kesehatan melakukan pengujian.

”Kemarin ada lima orang yang positif Covid-19. Sekarang bertambah satu orang lagi. Jadi totalnya enam orang,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Jumat (27/3/2020) siang.

Baca : Terkait Cicilan Kredit, Ini Permintaan Ketua DPD RI pada OJK

Data Pantauan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat Jumat, 27 Maret 2020 (Sumber : laman resmi corona Sumbar)
Data Pantauan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat Jumat, 27 Maret 2020 (Sumber : laman resmi corona Sumbar)



Artikel Lainnya

loading…


Irwan Prayitno melanjutkan, pasien positif tersebut dirawat di ruang isolasi RSUP Dr M Djamil, Padang. Pasien merupakan tenaga medis, tetapi tidak terkait dengan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Gubernur tidak bersedia menyebutkan riwayat perjalanan pasien yang berkemungkinan menjadi awal mula penularan Covid-19. Menurut Irwan, informasi itu sensitif dan khawatir mengganggu hak privasi pasien. Tim terpadu saat ini sedang menelusuri riwayat perjalanan dan kontak pasien.

Baca : Kota Payakumbuh Berlakukan Lockdown

Irwan menambahkan, pada Jumat sore, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumbar berpotensi bertambah. Saat ini, ada satu pasien yang sampelnya tengah dicek ulang di laboratorium Universitas Andalas untuk semakin memastikan hasilnya positif atau negatif.

Irwan menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumbar sudah mendapatkan izin dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan untuk menyampaikan data status pasien Covid-19 sesuai waktu nyata (real time).

Baca : Adik Mahasiswa Dharmasraya Pulang dari Bogor Juga Dirujuk ke M. Djamil Padang

Data berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Universitas Andalas, salah satu jejaring Badan Litbangkes. ”Mulai Kamis (26/3/2020), kami tidak perlu lagi kirim sampel ke Badan Litbangkes di Jakarta. Cukup kirim ke laboratorium Universitas Andalas. (Hasil pengujian di laboratorium Unand) itu yang menjadi data. Data di Jakarta menyesuaikan data dari sini,” ujarnya.

Berdasarkan data BPBD Sumbar, total ada 50 orang yang telah diperiksa. 6 orang positif Covid-19, 31 orang negatif, dan 13 orang masih menunggu hasil pengujian laboratorium. Adapun jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 1.024 orang. (Salih/rel)

Situasi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Jumat, 27 Maret 2020 pukul 15.30 wib (sumber laman covid19.go.id)
Situasi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Jumat, 27 Maret 2020 pukul 15.30 wib (sumber laman covid19.go.id)



Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

H. M. Nurnas

HM. Nurnas: Hadapi Krisis, UMKM Butuh Sokongan

Spiritsumbar.com, Padang – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat sokongan dalam menghadapi ...