Beranda - Pariwisata - Event - Porprov Sumbar, Pariaman Kembali Ramai
Pembukaan Porprov Sumbar
Pembukaan Porprov Sumbar

Porprov Sumbar, Pariaman Kembali Ramai

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XV Sumatera Barat yang ditandai pemukulan gandang tasa di Gelanggang Olah Raga, Sungai Sariak, Senin (19/11/2018) malam.

Kegiatan Porprov XV Sumbar ini, sangat luar biasa sambutan dari warga masyarakat Padang Pariaman. Hal ini tak lepas dari strategi kerja Bupati Ali Mukhni.

“Bupati walaupun berbadan kecil, namun semangat kerja bersama jajarannya, sangat tinggi untuk kesuksesan program kerja di daerah ini,” ujar Gubernur Irwan Prayitno mengapresiasi atas terselenggara Porprov yang disambut riuh tepuk tangan pengunjung GOR.

Dikatakan Irwan Prayitno, kegiatan Porprov merupakan ajang mencari bibit dan pembinaan sekaligus evaluasi dari pelatih.

“Untuk itu, hasil dari Porprov dari Padang Parianan ini bisa dipersiapkan menghadapi Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) Sumatera di Bengkulu 2019 dan Pekan Olah Raga Nasional (PON) di Papua 2020 nanti,” kata gubernur.

“Bila telah diperoleh atlit berprestasi ini, agar langsung membuat program untuk digembeng secara intensif, sehingga hasil bisa diperoleh secara baik nantinya,” sebut gubernur yang telah dua priode menjabat.

Irwan Prayitno berharap, agar bupati dan walikota se-Sumatera Barat melakukan pembinaan bibit yang sudah ada. “Janganlah kita melakukan pembinaan atlit luar yang disewa. Resiko merugikan daerah itu sendiri,” ingatnya.

Ketua KONI Pusat Tono Suratman dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih dan mengapresiasi Porprov XV Sumbar.

“Jadikanlah olahraga sebagai kebutuhan kesehatan dan disiplin. Orang yang sehat dan disiplin akan sukses lagi maju dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” katanya.

Tonton Video : Liga 2 Pemain Kalteng Putra Mogok kontra Semen Padang FC

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksana Porprov XV Sumbar, Ali Mukhni melaporkan, Porprov XV Sumbar mempertandingkan 35 cabang olah raga berlangsung dimulai 19 – 28 November 2018.

Untuk mendukung keakuratan informasi dari perolehan mendali dari masing-masing daerah akan terintegrasi dan cepat diakses publik melalui Sistim Informasi Mendali dan Hasil (SIMEHA).

“Program SIMEHA diback up 35 tenaga yang bertugas di setiap venue, Porprov XV Sumbar di Padang Pariaman sangat berbeda dari pelaksanaan Porprov sebelumnya,” katanya.

Porprov XV memanfaatkan kecanggihan teknologi. Terutama pelayanan akses informasi seputar Porprov.

Ia mejelaskan, melalui aplikasi website SIMEHA akan menampilkan seluruh infomasi seputar Porprov Sumbar.

Tenaga Website SIMEHA yang tersebar di seluruh venue cabang olahraga. Mereka melaporkan dan mengupdate informasi seputar hasil pertandingan seluruh cabor.

“Hasil pertandingan tersebut akan langsung dilaporkan ke dalam sistem yang langsung askes ke portal www.porprov.padangpariamankab.go.id,” jelas Bupati Ali Mukhni.

Warga bisa mengakses melalui Portal itu, biodata atlit, data kontingen seluruh daerah, lokasi penginapan, galeri foto, jadwal pertandingan, lokasi venue, hasil pertandingan tiap hari, dan hasil perolehan klasemen peroleh mendali.

Bahkan nama atlit peraih medali, juga akan disertai dengan riwayat pertandinan mulai dari babak penyisihan hingga partai final.

“Tidak hanya itu, informasi lokasi venue, juga akan langsung terkoneksi dengan Google Maps. Sehinga atlit dan official tidak akan kesulitan mencari venue pertandingan.

Kesemuanya terhubung dengan Google Maps akan sangat mudah untuk mencari lokasi penginapan, lokasi venue dan lain lain.

Dalam helat Porprov XV Sumbar tahun 2018 ini, tambah Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Zahirman Kadar kepada wartawan menyebutkan, nomor yang dipertandingkan, sebanyak 730. Terdiri dari putra 355, puteri 296, campuran 31 dan terbuka 48 pertandingan.

“Kesemua pertandingan itu, para atlit akan memperebutkan sebanyak 5.107 mendali terdri dari emas 1.543 keping, perak 1.543 keping, dan perunggu 2.021 keping,” tutup Zahirman Kadar.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Khatam Bukan Berhenti Baca Al Quran

SPIRITSUMBAR.com – Membaca dan memahami Qur’an sangat perlu sekali Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt ...