Beranda - Berita Pilihan - Polres Dharmasraya Ciduk Curanmor Lintas Daerah

Polres Dharmasraya Ciduk Curanmor Lintas Daerah

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAT.com, Dharmasraya – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Dharmasraya, berhasil membekuk pelaku pencurian kendaraan bermotor lintas kabupaten/kota, pencurian dengan kekerasan (Curas) dan caranmor (Curat) dalam operasi sikat yang digelar 5 sampai 18 September 2019.

“Jadi, satu dari dua tersangka pencurian kendaraan bermotor ini juga beraksi di luar wilayah Dharmasraya,” kata Kapolres Dharmasraya, AKBP Imran Amir didampingi Kasat Reskrim AKP Suyanto dalam jumpa pers pengungkapan kasus, pada hari Selasa 15/10/2019.

Ia mengatakan dua tersangka pencurian kendaraan bermotor yang ditangkap yakni, Akisman 30 tahun dan Irawadi alias Kancil 38 tahun, Resedivis, asal Nagari Bonjol, Kecamatan Koto Besar.



Kapolres mengatakan, bahwa Akisman, dan Irawadi alias Kancil, Asriwandi merupakan target operasi pihak kepolisian, mereka memang lihai dalam melakukan aksinya, bahkan tak segan- segan melaukai korbannya. Dari pelaku diamankan 9 unit sepeda motor dan satu buah BPKB motor honda jenis supra x 125 warna merah hitam dengan nopol BA 2101 VY.

Artikel Lainnya

loading…


Ia mengungkapkan Akisman atau akis adalah tersangka yang pernah melakukan pencurian di beberapa wilayah Sumbar, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok, dan Kota Pariaman, dari tangan tersangka berhasil diamankan sembilan unit motor berbagai merek.

“Dari sembilan perkara ini, tersangka juga melakukan pencurian dengan melakukan perampasan terhadap korban atau pencurian dengan kekerasan,” katanya.

Menurut dia modus pencurian yang oleh tersangka dilakukan secara profesional dan lebih terencana. Artinya ada pola baru dalam upaya mengelembui petugas.

“Kalau biasanya kan hasil curian ini lansung dijual, kalau sekarang mesinnya dipreteli dulu, lalu antara mesin motor yang satu dipindah dengan yang lainnya, jadi saat dilakukan pengecekan nomor rangka mesin berbeda dengan jenis motor. Ini modus baru yang dilakukan tersangka sebelum menjual hasil curian,” katanya.

Selain pengungkapan kasus pencurian kendaraan bermotor, lanjut Imran Amir, jajaran Satreskrim dan polsek juga menangkap dua pelaku pencurian televisi milik warga.

Ia menyebutkan dua pelaku tersebut yakni, Anggra Hidayat 27 tahun asal Jorong Pasar Lama Nagari IV Koto Pulau Punjung. Barang bukti satu unit televisi merk Sharp ukuran 43 inci.



Selanjutnya tersangka Jeri 24 tahun asal Nagari Padakuan, Kecamatan Koto Salak. Barang bukti satu unit televisi ukuran 32 inci dan digital merk tanaka. Kini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polres Dharmasraya untuk penyidikan lebih lanjut.

“Pelaku curas dikenakan pasal 356 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. Sementara pelaku curat dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara”pungkasnya.(EKO)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pedagang Kaget, Kapolda Kepergok Temani Istri Berbelanja di Pasar Tanah Kongsi

SpiritSumbar.com, Padang – Pagi sehabis olahraga, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bikin kaget para pedagang ...