Minggu , 18 November 2018
Beranda - Headline - PNP Bekal Siswa SMP Dengan Kemampuan Bahasa Inggris
Tim Pengabdian masyarakat Jurusan Bahasa Inggeis sedang memberikan tutor di SMPN 40 Padang (foto Ist)
Tim Pengabdian masyarakat Jurusan Bahasa Inggeis sedang memberikan tutor di SMPN 40 Padang (foto Ist)

PNP Bekal Siswa SMP Dengan Kemampuan Bahasa Inggris

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Agar kemampuan berbahasa Inggris anak didik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) bisa maksimal, Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Padang (PNP) melakukan tutorial pada siswa SMP 40 Padang di Jl. Bunda Raya, Ulak Karang, Rabu (24/10/2018).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam berbahasa Inggris. Dimana penekanannya pada kemampuan siswa dalam memahami bacaan (reading text).

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Bahasa Inggris PNP Muthia Damayanti menyampaikan, kegiatan tutorial ini menggunakan metoda Context Clues, dimana siswa diajarkan bagaimana memahami bacaan, dan sekaligus gambar-gambar pada buku cerita yang disediakan oleh tim.

“Pemberian pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa perlu kiat tersendiri, agar mereka perhatian dan mudah memahami apa yang disampaikan,” ujar Muthia, didampingi anggota tim lainnya, Sariani, Mutia El Khairat dan Yaningsih, yang mana semuanya dosen di Jurusan Bahasa Inggris PNP.

Bukan sebatas siswa saja, lanjutnya, guru bidang studi Bahasa Inggris yang ikut mendampingi tim, diberikan pula kiat-kiat bagaimana mengajarkan Bahasa Inggris agar menarik dan tidak membosankan. “Kegiatan yang bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbahasa Inggris ini bukan saja untuk siswa semata, tapi guru bidang studinya juga,” kata Muthia.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP 40 Padang Syafril menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Bahasa Inggris PNP. Ia berharap semoga kegiatan itu berkelanjutan. “Penguasaan Bahasa Inggris anak didik harus terus ditingkatkan agar mereka bisa kompetitif ke depan,” ujarnya.

Siswa kelas VII sebanyak 3 kelas yang ikut tutorial Bahasa Inggris sangat antusias dengan pengajaran yang diberikan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Bahasa Inggris PNP. Mereka bersemangat dan sepertinya lebih mudah memahami apa yang disampaikan. (Rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Dr. Desmon, (tiga dari kanan) usai menerima piagam penghargaan PIM- 2 dari LAN (foto Ist)

Inovasi Smart Edu Antarkan Desmon Raih Ranking 3 Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Dr. Desmon, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, meraih Ranking-3 Diklat Kepemimpinan level ...