Beranda - Headline - PLN Rehabilitasi 13,5 Ha DAS di Kabupaten Sijunjung
PLN rehabilitasi hutan Sijunjung
PLN rehabilitasi hutan Sijunjung

PLN Rehabilitasi 13,5 Ha DAS di Kabupaten Sijunjung

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com, Sijunjung – PT.PLN ( Persero) memperoleh Izin Pinjam pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Langkah itu berdasarkan SK Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (KBKPM) No.89/1/IPPKH/PMDM/2016, untuk Saluran Udara Tegangan Tinggi ( SUTT), Tapak Tower Ombilin-Kiliranjao atas nama PT. PLN (Persero) seluas 18,37 Ha, pada kawasan Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi Tetap (HPT) di Kab.Sijunjung.

PT.PLN (Persero) diwajibkan melakukan penanaman dalam rangka Rehabilitasi DAS dan telah mendapatkan lokasi penanaman dari Dirjen Pengelolaan DAS dan HL,atas nama Menteri LHKA dengan SK. No.8422/Menlhk-PDASHL/DAS.1/12/2018 6 Desember 218 seluas 20 Ha.

Dari penataan batas areal IPPKH No. 89/1/IPPKH/PMDN/2016 (21/11/2016), untuk SUTT dan TT Ombilin -Kiliranjao a.n PT.PLN. (Persero) No.LP.182/IX/BPKH12/2018 seluas 12,2524 Ha, sehingga terdapat selisih6,112 Ha.



Sesuai surat Dir Konservasi Tanah dan Air No.S.254/KTA/R2PKH/DAS.1/6/2019, perihal penanaman Rehabilitasu DAS a.n PT.PLN( Persero) luas penanaman DAS difinitif luas hasil tata batas ditambah 10%.implementasinya dituangkan rancangan penanaman menjadi 13,5 Ha.

Artikel Lainnya

loading…


Kegiatan penanaman tahun berjalan ( PO, telah dilaksanakannya 13,5 Ha di dua lokasi berbeda: HKM Batu Bapayuang, Nagari Lalan Kec. Lubuk Tarok Kab.Sijunjung tepatnya 4 Desember 2019 lalu. Jenis tanaman dan tambahan untuk sulaman Kehutanan, yakni Mahoni 4950 batang dan Kaliandra 1.980 batang. Sedangkan MPTS adalah Jengkol 2750 batang, Petai 2750 batang, Manggis 2805 batang dan Lansek Manih 1.100 batang dengan total bibit yang ditanam 16.335 batang.

Pada acara seremonial kegiatan penanaman 14.850 bt bibit tanaman produktif di HKM Batu Bapayuang Nagari Latang tersebut, hadir UPT Padang PT.PLN ( Persero).M.Iqbal Arief Kusnandar, Sekdakab Sijunjung mewakili Bupati Sijunjung Zenifhan,AP.M.Si, Kadishut Prov.Sumbar atau yang mewakili, Ka.BPDAS Inrok Prov. Riau, Kepala UPTD KPSB, Terra Dharma, S.Hut.M.Si, Ketua FKSS, , Praktisi Lingkungan dan pemerhati Masalah Kawasan Hutan & DAS Priyono, Forkopimca Lubuk Tarok, Wali Nagari Latang Jhon Aptizal, Ketua KAN dan PBNNagari Latang, kA. Jorong serta undangan lainnya.

Saat ini pemerintah melalui Kemen LHKA, telah memberikan akses kelola kawasan hutan, kepada masyarakat melalui Perhutanan Sosial (PS) denga 5 skema : Hutan Desa/Hutan Nagaru /(LPHN). Hutan Kemasyarakatan (HKm).Hutan Rakyat (HR). Hutan Adat (HA) dan Kemitraan.

Target PSTN seluas 12, 7 juta Ha,vnamun baru tercapai saat ini 4,5 juta Ha.Untuk Sumbar target PSTN 500.00 Ha. Sedangkan target Perhutanan Sosial (PS) Kab. Sijunjung Sampai 2019 sebanyak 50.000 Ha.Pencapaian sampai awal Desember 2019 sudah 47,792 Ha dengan jumlah izin yng sudah terbit 30 Izin PS ( HN dan HKm) . HKm Batu Bapayuang salah satu yang telah memiliki izin diterbitkan Men LLHKA dengan luas 77 Ha.

Bertepatan dengan acara Ceremonial Penanaman dalam rangka Rehabilitasi DAS oleh PT. PLN (Persero) bertepatan Hari Penanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019 4 Desember 2019 ini,, kami Pemkab Sijunjung sangat mendukung dan berterima kasih atas kepercaya,an PT.PLN( Persero) UIP 3B Sumatera,UPT Padang yang menempatkan Rehabilitasi DAS di Kab.Sijunjung tepatnya di HKm Batu Bapayuang Nagari Latang Kec Lubuk Tarok seluas 13, 5 Ha.

Demikian Sambutan Sekdakab Sijunjung Zefnihan.Wali Nagari Latang Jhon Aprizal juga memberikan sambutannya, intinya mengucapkan terima kasih jepada PT.PLN (Persero) Peduli Lingkungan serta memberikan bantuan bibit produktif.

Mengakhiri acara penanaman secara simbolos, Komunitas Penuli Lingkungan yng lokasinya tak jauh dari belakang kantor Wali Nagari Latang dan meninjau budidaya lebah hutan. (Riyon).

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Bupati Solsel bersama Menteri PUPR

Pasca Banjir, Bupati Muzni Sampai Kondisi Solsel pada Menteri PUPR

SpiritSumbar.com, Jakarta –  Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria dan jajaran terus berupaya melakukan usaha-usaha kepada ...