Beranda - Headline - Pilkada Sumbar 2018, Partisipasi Pemilih Meningkat
Irwan Prayitno
Irwan Prayitno

Pilkada Sumbar 2018, Partisipasi Pemilih Meningkat

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Pilkada serentak yang dihelat di empat kota di Sumbar telah melalui tahap pemungutan suara. Berdasarkan data scan C1 yang diterima KPU Sumbar, diketahui bahwa partisipasi pemilih di empat kota tersebut mengalami peningkatan dibanding sebelumnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menilai masyarakat Sumbar sudah makin menyadari pentingya pelaksanaan pemilihan kepala daerah

Untuk kota Padang, partisipasi pemilih mencapai 64,05%. Padang Panjang mencapai 71%, Pariaman 73,9% dan Sawahlunto mencapai 77,5%. Walaupun jumlah pasangan calon peserta pilkada berkurang dari periode sebelumnya, namun hal ini tidak berpengaruh pada minat masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya.



Banyak factor yang menunjang tingginya angka partisipasi tersebut diantaranya upaya KPU dalam merapikan dan memutakhirkan data DPT. Pendidikan politik yang diberikan oleh KPU maupun pemerintah daerah jauh hari sebelum pilkada juga merupakan faktor yang mendukung peningkatan partisipasi politik masyarakat ini.

Selain itu, penyampaian visi dan misi serta adanya dorongan dari peserta pilkada untuk memilih juga merupakan aspek yang memberikan dampak positif bagi peningkatan partisipasi ini.

Pemerintah daerah sendiri, dalam hal ini Badan Kesbangpol Prov Sumbar maupun kabupaten/kota bersama KPU berharap tingginya angka partisipasi ini dapat dipertahankan utamanya pada pemilu 2019 nanti, sebagaimana target nasional yang menetapkan angka 77% untuk partisipasi pemilih.



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Banjir di Pasaman Barat yang menghambat pengerjaan jalan

Banjir, Pekerjaan Teluk Tapang – Bungo Tanjung Terhenti

SPIRITSUMBAR.com, Pasaman Barat – Sekitar 4 km ruas paket kontruksi pembangunan akses Pelabuhan Teluk Tapang ...