Beranda - Pariwisata - Event - Pertamina Ciptakan Anak Paten di SMAN 2 Batang Anai
Siswa SMAN 2 Batang Anak sedang menciptakan produk pangan saat peresmian Kantin Sehat oleh Pertaminan di Hari Anak Nasional
Siswa SMAN 2 Batang Anak sedang menciptakan produk pangan saat peresmian Kantin Sehat oleh Pertaminan di Hari Anak Nasional

Pertamina Ciptakan Anak Paten di SMAN 2 Batang Anai

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Puluhan siswa SMA Negeri 2 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, yang terbagi dalam beberapa  kelompok asyik mempersiapkan berbagai jenis makanan, Selasa (23/7/2019).

Dibantu oleh beberapa guru pembimbing, mereka mempersiapkan aneka pangan. Ada membuat sala lauak, yang merupakan makanan khas Pariaman.

Terlihat juga proses pembuatan empek-empek, Nuget dan bakso ikan. Suatu pemandangan yang sangat menarik, lantaran dikerjakan secara bersama diatas panggung.




Alhasil, bangunan Kantin Sehat yang berbentuk panggung bantuan Pertamina itu, seakan tidak mampu menampung para tunas bangsa yang lagi mempraktekkan mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan.

Kesibukan mereka bertepatan dengan memperingati Hari Anak Nasional sekaligus peresmian Kantin Sehat SMA Negeri 2 Batang Anai tersebut.

Artikel Lainnya

loading…


Kepala SMA Negeri 2 Batang Anai, Mardayenti mengaku Kantin Sehat yang merupakan bantuan Pertamina melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau.

Dia menjelaskan kehadiran Kantin Sehat memberikan motivasi pada siswa dalam proses belajar mengajar. Kantin ini terdiri atas dua ruang. Satu untuk OSIS dan satu lagi dimanfaatkan secara bergantian oleh masing-masing kelas atau rombongan belajar.

“Keberadaan Kantin Sehat ini, juga mendidik dan memancingsiswa untuk berwirausaha. Hasilnya, mereka jadikan kas di setiap kelas,” ujarnya.

Kantin sehat ini ujar Mardayenti merupakan bantuan ketiga Pertamina terhadap sekolah yang ia pimpin. “Sebelumnya, kami menerima perangkat komputer, Tanki air dan terakhir kantin sekolah ini,” ujarnya.

Sementara, Operation Head (OH) DPPU Minangkabau Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I pada peresmian kantin sehat SMAN 2 Batang Anai, Padang, Sabtu (23/7/2019) mengatakan, Kantin sehat, merupakan program CSR DPPU Minangkabau.

Pertamina sengaja menggelar kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dengan menggelar aksi “Anak Paten” (Pintar, Sehat dan Senang).

“Pekan lalu baru saja terjadi kasus keracunan makanan di SMKN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Kondisi ini mendorong kami mengusung program kantin sehat SMAN 2 Batang Anai,” ujarnya.



Program ini bertujuan membangun budaya sehat di sekolah. Melalui kantin sehat, yang menyediakan jajanan sehat berkualitas bagi siswa. Yang menarik, jajanan sehat dibuat bergiliran oleh siswa SMAN 2 Batang Anai. Sehingga mereka sekaligus belajar kewirausahaan. (Salih)

 

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Semen Padang FC vs Persebaya Surabaya

Irsyad Maulana Pecahkan Telur Kabau Sirah

SPIRITSUMBAR.com, Padang – Semen Padang FC berhasil meraih poin penuh dengan skor 1-0 pada pertandingan ...