Beranda - Headline - Perbekalan Anggota Pramuka Dibidang Kebudayaan Dengan KBN
Pramuka ikuti KBN di Sulteng
Pramuka ikuti KBN di Sulteng

Perbekalan Anggota Pramuka Dibidang Kebudayaan Dengan KBN

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Sebanyak delapan orang anggota pramuka penggalang Kwarcab Agam ikuti Kemah Budaya Nasional 2018 (KBN) sebagai duta Sumatera Barat.

Mereka tiba dengan selamat di bumi perkemahan Kayubura Kabupaten Parigi Mountong, Provinsi Sulawesi Tengah Minggu (15/9/2018) sore.

Zulherman, selaku pendamping rombongan mengatakan kegembiraan anggota KBN 2018 dari Agam berhasil diberangkatkan setelah dilepas secara resmi oleh Kakwarda 03 Sumbar Sabtu (14/9/2018) sore. Saat pembukaan Giat Prestasi Pramuka Penegak se Sumbar, ditandai pemasangan atribut kepada duta kwarda Sumbar ke KBN 2018.

Delapan orang pramuka penggalang utusan kwarcab Agam yang sebelumnya juga dilepas oleh wakil Bupati Agam Trinda Fahan Jumat siang sebelumnya menuju kwarda adalah, Luthfi anggota pramuka gudep SMPN 1 IV Koto, Mohandika Aprillo, SMPN 1 Tanjung Mutiara, Divo Indra Pratama SMPN 2 Lubukbasung, Muhammad Ravi, SMPN 1 Tilatang Kamang, Andean Nol Hanafi, SMPN 2 Ampek Nagari, Habib Rizki Marjo, SMPN 1 Ampek Angkek, Safardan, MTsS Mhd. Sungai Batang, dan Roni Rifandra anggota pramuka penggalang MTsM Kampung Tangah. “Mereka adalah peserta terbaik hasil seleksi sebelumnya dan telah nengikuti latihan terpusat yang dilaksanakan di Sekretariat Kwarcab Agam di Lubukbasung.

Kemah Budaya Nasional yang diikuti dalam rangka membekali keterampilan anggota gerakan pramuka di bidang kebudayaan. Selama KBN akan mengikuti berbagai bentuk san ragam kegiatan, diantaranya ada orientasi kemah budaya nasional, pemutaran film sejarah, jumpa tokoh budaya, permainan tradisional, serta festival kuliner nusantara dan seni kriya dari bahan daur ulang.

“Kemah budaya juga untuk menambah pengalaman tentang budaya nasional, selain menampilkan budaya Sumatera Barat, juga akan memperkenalkan budaya dari 24 provinsi yang ikut berpartisipasi. Serta disana anak-anak kita juga akan menampilkan seni tari dan masakan Minang, seperti tari lukah, masak onde-onde dan main engrang,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Zulherman menambahkan, selama berada di bumi perkemahan Kayubura Kabupaten Parigi Mountong, Provinsi Sulawesi Tengah juga akan digelar permainan persaudaraan, giat prestasi kesejarahan, sosialisasi dan pengenalan Saka Widya Budaya Bakti, serta hiburan lainnya.

Sementara itu kakwarcab Agam Drs. Martias Wanto, merasa bangga dan haru dengan duta pramuka Agam yang bergabung di kwarda Sumbar dapat ambil bagian di ivent nasional di KBN 2018. Semoga sukses dan mambawa nama baik Sumbar dan Agam khususnya.Demikian ditambah kakwarcab Agam.  ( Irman Naim )

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...