Beranda - Pendidikan - Artikel - Peran MGMP Dalam PKB
Harnieti
Harnieti

Peran MGMP Dalam PKB

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Harnieti (Kepala SMPN 3 Kecamatan lareh Sago Halaban)

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan pembaharuan yang dilakukan guru secar sadar untuk peningkatan kompetensinya dalam bidang pekerjaanya.

Pengembagan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dilaksanakan dalam upaya mewujudkan guru yang profesional ,bermartabat dan sejahtera, sehingga guru dapat berpartisipasi secara aktif untuk membentuk insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan tekonologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian.

Guru merupakan fasilitator dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah, untuk itu guru dituntut untuk dapat mengarahkan dan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Selain itu guru juga dituntut agar lebih profesional, inovatif, kreatif, persfektif dan pro aktif dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Guru sebagai tenaga pendidik profesional hendaknya jangan cepat merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya. Seorang guru yang profesional hendaklah berusaha selalu mengembangkan potensi dirinya, pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik semakin berkualitas. Guru yang inovatif dan kreatif akan mampu membangun daya imajinasi dan kreatifitas peserta didik yang secara otomatis akan memberi pengaruh positif pada peningkatan minat dan prestasi belajarnya.

Guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik dan melatih peserta didik saja, melainkan juga harus mampu melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Hal ini bertujuan agar guru selalu dapat mengupdate pengetahuannya setiap saat, agar guru tidak ketinggalan dalam setiap perkembangan yang ada.

Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Berdasarkan Permeneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui tiga komponen yaitu : 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya inovatif.

Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu : 1) melakukan diklat fungsional dan 2) mengikuti kegiatan kolektif guru. Kegiatan kolektif guru dapat dilakukan guru dengan mengikuti kegiatan KKG atau MGMP.

Selanjutnya :  Peran MGMP Dalam PKB

Halaman

[ 1 ]   [ 2 ]   [ 3 ]   [ 4 ]

 

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...