Beranda - Pendidikan - Artikel - Peran Kepsek Dalam MPLS

Peran Kepsek Dalam MPLS

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Menurut Wikipedia, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dulunya juga trend dikenal dengan istilah MOS (Masa Orientasi Siswa) atau Masa Orientasi Peserta Didik baru.

MPLS merupakan sebuah kegiatan umum yang selalu dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun pelajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA.

MPLS merupakan tanggung jawab para guru dibawah komando kepala sekolah, karena kepala sekolah pemimpin di sebuah sekolah. Untuk itu di dalam pengimplementasiannya MPLS harus dikendalikan oleh kepala sekolah.




Dibawah komando kepala sekolah, guru-gurulah yang melaksanakannya, bukan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Pengurus atau anggota OSIS sifatnya hanya boleh membantu. Pemegang kunci kendalinya terletak ditangan kepala sekolah.

Artikel Lainnya

loading…


Salah satu penyebab tidak diperbolehkannya kegiatan MPLS diserahkan kepada pengurus OSIS adalah karena dari segi usia mereka hampir bersamaan. Mereka belum matang dalam emosional dan dan dalam bertindak.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang negatif dan yang tidak diinginkan. Sehingga akhirnya akan membuat motivasi peserta didik ciut untuk bersekolah di sana.

Sudah tidak zamannya lagi peserta didik baru disuruh membawa ini dan itu yang bersifat perpeloncoan. Dalam kegiatan MPLS tidak ada aksi senioritas yang dulunya memakai tiga pasal yang dipelesetkan. Pasal 1 senior selalu benar, pasal 2 yunior selalu salah, dan pasal 3 nya kalau senior salah kembali lagi ke pasal 1.

MPLS bertujuan untuk memperkenalkan para peserta didik baru dengan lingkungan sekolahnya yang baru. Dalam MPLS diperkenalkan kegiatan akademik dan non akademik di sekolah barunya.

Selain itu juga memperkenalkan guru-guru dan lingkungan sekolahnya serta prestasi-prestasi apa saja yang sudah diraih sekolah. Termasuk juga visi dan misi serta tata cara belajar di sekolah.



Tujuan akhirnya bagaimana secara bersama-sama mulai dari kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua peserta didik serta masyarakat sekitar sekolah secara bersama-sama bisa membuat peserta didik bisa sukses dan berhasil di sekolahnya yang baru tanpa adanya masalah-masalah.

Selanjutnhya >>>

[  1  ]    [  2  ]

Beredar Video Permainan Bocah Milenial

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Semen Padang FC Menang Besar

Begitu wasit meniup pluit kick off, Barito Putra langsung menggebrak. Laskar Antasari sebutan Barito Putra ...