Beranda - Headline - Peran Kepsek Dalam MPLS
Feri Fren
Feri Fren

Peran Kepsek Dalam MPLS

Print Friendly, PDF & Email

Kepala sekolah sebagai orang yang nomor satu di sekolah harus memperhatikan pelaksanaan kegiatan MPLS dan mempedomani Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Permendikbud tersebut melarang penggunaan atribut-atribut yang sifatnya merendahkan, melecehkan dan memalukan, seperti penggunaan tas plastik belanjaan, tas karung, dan yang lain sejenisnya.

Tugas seorang kepala sekolah dalam kegiatan MPLS dimulai dari merencanakan, mengorientasi guru-guru, memonitor pelaksanaan, melakukan evaluasi dan tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Untuk itu, selama kegiatan MPLS kepala sekolah harus berada di sekolah. Sebab kalau terjadi permasalahan selama kegiatan MPLS, kepala sekolahlah yang paling bertanggungjawab atas semua itu.

Kepala sekolah bisa dikenakan sangsi sesuai dengan aturan yang berlaku apabila terbukti melakukan kelalaian dan kesalahan.



Kepala sekolah harus bisa menciptakan iklim yang kondusif selama kegiatan MPLS berlangsung. Peserta didik baru harus dibuat merasa betah dan nyaman bersekolah di sana.

Artikel Lainnya

loading…


Dalam mewujudkannya tentu semua sikap, tutur kata, perilaku semua warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, pegawai dan siswa yang berada di sekolah harus bisa mendidik dan memberikan rasa nyaman kepada peserta didik baru.

Jadikanlah MPLS sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan antara peserta didik baru dengan lingkungan sekolahnya. Jangan sampai ada kegiatan MPLS yang menimbulkan korban.

Apabila hal itu terjadi, tentu akan diselesaikan dengan jalur hukum dan bisa tersangkut dalam masalah kriminal.
Sedih juga kita rasanya kalau seandainya ada aksi MPLS yang berbau kekerasan fisik oleh oknum-oknum tertentu apalagi sampai menimbulkan korban jiwa.

Hal tersebut tidak boleh terjadi. Untuk itu, peran pengawasan dan pengontrolan oleh seorang kepala sekolah dalam pelaksanaannya sangat perlu ditingkatkan.

Baca juga :

Sumber Dolar, Pertamina Beri Perhatian Khusus pada Petani Serai Wangi

Warga Tanam Pisang di Jalan Negara

Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Kamang Baru Ceramahi Siswa Baru

Zonasi PPDB untuk Apa?

RPP Dalam Pembelajaran

Bagi panitia dan pelaksana kegiatan yang menyimpang dari aturan, kepala sekolah harus bisa memberikan tindakan dan sangsi yang tegas. Sehingga nantinya tidak merebak ke ranah hukum dan hal ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang.

Jadikanlah kegiatan MPLS sebagai ajang untuk pengenalan lingkungan sekolah yang baru dan menyenagkan. Tentu kegiatan yang dilakukan harus bersifat mendidik dengan pencontohan nilai-nilai karakter yang baik.

Akhirnya peserta didik baru memang merasakan bahwa sekolah yang dipilihnya tidak salah. Orang tuanyapun akan merasa senang menyekolahkan anaknya di sana.




Sekolah tersebut memang sebagai tempat belajarnya dengan lingkungan yang kondusif baginya dalam menimba ilmu sebagai bekal hidupnya dikemudian hari. Semua itu bisa digunakannya untuk berbakti kepada nusa, bangsa, agama dan negara yang dicintainya ini.

Begitulah seharusnya peran seorang kepala sekolah, dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik yang baru.

<<<< Sebelumnya

[   1   ]    [   2   ]

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

dr. Pom Harry Satria

Ini Langkah Pemutusan Rantai Penularan Virus Corona Menurut Ketua IDI Sumbar

Spiritsumbar.com, Padang – Coronavirus disease 2019 (covid-19) atau virus corona telah menjadi catatan kelam sejak ...