Beranda - Fokus - Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan TK

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan TK

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Kebanyakan tujuan orang tua memasukkan anaknya ke Taman Kanak – kanak ( TK ) adalah agar anaknya bisa membaca, berhitung, menulis bahkan kalau bisa berbahasa Inggris sebelum memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD).

Baca Sebelumnya:

Anak TK Harus Bagaimana

Pendidikan TK,  Ini Yang Harus Dipahami Orang Tua

Orang tua anak didik di TK diharapkan dapat bekerjasama dengan guru di sekolah. Diharapkan kedepannya orang tua tidak lagi memaksakan anak mereka untuk bisa membaca, menulis dan berhitung.

Memahami bahwa pendidikan di TK harus lebih mengedepankan karakter anak yang baik dan mulia.  Disamping mereka bisa mengenal huruf dan angka serta bisa berkreasi.

Hal ini bisa tercapai saat guru dan orang tua saling berkomunikasi dalam bentuk pertemuan. Pertemuan ini bisa diatur melalui kerjasama melalui program parenting anak yang disepakati bersama.

Harapan setelah melakukan program parenting guru tidak lagi terbebani dengan tuntutan orang tua yang tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Untuk mencapai aspek perkembangan anak. Mengetahui besarnya manfaat parenting akan menjadikan orang tua lebih memahami tentang tujuan pendidikan yang diterapkan di sekolah.

Orang tua tidak lagi menuntut ke gurunya dan pihak sekolah bahwa anaknya harus pandai membaca, menulis, berhitung saat tamat dari TK nanti.

Guru tidak lagi dibebani oleh kemauan orang tua. Biarkanlah guru melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuatnya.

Sebenarnya, didalam kurikulum sudah memuat enam aspek perkembangan anak yaitu nilai agama dan moral (NAM), sosial kemandirian, bahasa, kognitif, seni, dan motorik. Semua yang dilakukan dan dikerjakan guru di TK mengacu ke aspek – aspek perkembangan sesuai umur dan tingkat kemampuan anak.

Apa yang menjadi tuntutan orang tua telah ada dalam kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Semua guru TK sebenarnya telah melaksanakan semua itu, hanya saja orang tua masih ada yang belum memahaminya.

Oleh sebab itu program parenting sangalah penting untuk dilaksanakan setiap saat di sekolah TK. Semoga.

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...