Beranda - Headline - Penjual Sate Daging Babi Diamankan

Penjual Sate Daging Babi Diamankan

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Tim Pemko Padang berhasil membongkar dan mengamankan penjual sate daging babi di Bundaran tugu Padang Area, depan SMK 3 Padang, Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang Sumatera Barat, Senin, 29 Januari 2019 sore.

Baca : Heboh, Sate Daging Babi Beredar di Padang

Kabid Pemberdayaan Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Padang Novita Latima menyebutkan, kasus ini terungkap berawal dari adanya laporan masyarakat pada Oktober 2018 lalu. Menindak lanjuti laporan itu, kemudian petugas membeli sate tersebut untuk kemudian diperiksa lebih lanjut.
Selain mengamankan dagangan siap jual itu, tim juga menelusuri kediaman pemilik, B (55) di asrama TNI AD Simpang Haru.

Tim Pemko Padang menemukan puluhan tusuk sate yang telah dibuang ke septic tank di belakang rumahnya. Barang bukti itu ditemukan dalam kondisi terbenam dalam lumpur.
“Di kediaman B, tim mengamankan sedikitnya 250 tusuk sate siap jual,” terangnya.

Hasil pantauan, di kaca gerobak sate KMS itu tertulis menu yang terdiri dari daging sapi, telur puyuh, ayam, lidah, ceker. Namun, pada merek yang digantung di dinding warung bagian belakang, tertulis Sate KMS B. Diketahui, istilah B ini memang identik dengan babi atau anjing atau babi hutan. Di Sumatera Utara diistilahkan dengan B 3 (tiga).

Anehnya, D isteri pelaku kepada petugas yang meminta keterangan, bersikukuh bahwa sate yang dijualnya bukanlah dari daging babi. “Saya mengetahui itu daging sapi,” kata D memberi alasan.

Anehnya, stok sate yang masih tersedia dirumahnya, diduga sengaja telah dibuang ke septic tank yang ada di belakang rumah. Karena, stok ratusan tusuk sate itu ditemukan dalam kondisi sudah terbenam di dalam lumpur septic tank.

Kepala Dinas Pangan, Syahrial mengatakan menjual daging babi secara terang-terangan telah melanggar Undang-undang Pangan. Pedagang dapat dikenakan sanksi berupa kurungan dua sampai lima tahun atau denda sebesar Rp 6 miliar. (Salih)

Selanjutnya : Aparat Amankan Pemasok Daging Babi Sate KMS

 

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai menciptkan gol ke gawang Vanuatu (foto pssi)

Sarangkan 6 Gol, Timnas Indonesia Begitu Perkasa Bagi Vanuatu

SPIRITSUMBAR.com – Timnas Indonesia senior sukses mencukur Vanuatu dengan 6 gol tanpa balas pada laga ...