Beranda - Pendidikan - Artikel - Peningkatan Profesionalisme SDM
Riyon
Riyon

Peningkatan Profesionalisme SDM

Print Friendly, PDF & Email

Oleh Riyon.

Masih dalam suasana awal tahun 2019 dengan lembaran baru dan agenda baru. Tapi tidak  ada salahnya kita introspeksi diri kilas balik perjalanan tahun 2018.  Mengevaluasi kelemahan dan kekurangan dalam langkah menuju profesionalisme kerja. Kalau masih ada kelemahannya, kita perbaiki dan perlu kita tingkatkan.

Untuk melakukan perubahan kapasitas dan  berkarakter tentunya diawali kemauan inisiatif. Inisiatif  timbuhnya dari diri kita . Setelah inisiatif dijalankan tentu harus dikaji ulang apa daya manfaatnya sebelum melakukan inisiatif  dan setelah dilakukan inisiatif : Is the sustainable and replicable?. Jawabnya iya!.

Harus berkelanjutan dan berintegritas. Dan apa pembelajaran yang dipetik? Tentu harus berbuah manis.Meskipun tantangan didepan mata sudah menanti. Meskipn digerogoti  pasang  surut  cobaan Kita bentengi  dengan tonggak ketegaran pribadi kita bulatkan tekad kita dan percaya diri bahhwa kita  mampu dengan amanah yng diberikan  mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

Apalagi pengabdian kita misal, sebagai bagian dari Organisasi Perangkat Daeerah (OPD) atau profesi lain. Semakin kedepan dengan kinerja kita harus semakin progres berkualitas dan profesionalisme.

Di Zaman Now ini persaingan meniti jenjang karir juga semakin ketat. Kualitas SDM sebagai prioritas utama berpasi dengan era sekarang. Jadi kita harus memahami fondamen kinerja yang profesional. Kalau kita masih belum mampu dan dirasa masih kurang, belajar dan belajar  untuk memenuhi kualitas ddan bobot kapasitas profesionalisme.

Dalam menambah wawasan pengetahuan kita sesuai bidang masing-masing jangan berhenti dengan potensi, ada peluang  kesempatan ini harus dipacu.  Kita tidak bisa berpangku tangan dalam membentuk jati diri mensejajarkan kualitas kemapuan  SDM, yang handal yang berorentasi  kepada kemampuan yang ada pada setiap masing-masing individu.

Dengan di awali lembaran baru agenda baru 2019 kita harus selalu siap menjalankan amanah yang kita emban. Insha Allah menjalankan amanah dan apapun suatu kegiatan pekerjaan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya. Dan terwujudnya profesionalisme jauh dari kolusi dan nepotisme akan membuahkan prestasi. Dengan niat  baik dalam pengabdian yang tulus  Allah akan memuliakannya….Amiiin.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Karakter Dalam HOTS Matematika

Oleh : Ike Fitri Wardani  (Guru SMAN 1 Timpeh) Beberapa peristiwa fenomenal mengejutkan baru-baru ini ...