Beranda - Headline - Pengrajin Songket Berlomba Ikut Pelatihan
Songket Silungkang
Songket Silungkang

Pengrajin Songket Berlomba Ikut Pelatihan

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Pengrajin Songket di Kota Sawahlunto mengikuti Pelatihan ECO Design digelar May Bank EcoWeavers yang dilaksanakan di Gedung Pasar Songket Muarakalaban kecamatan Silungkang, (27-28/9/2018)

Pelatihan ini merupakan program Asean foundation berkerjasama dengan ASPPUK (Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro) di Indonesia melalaui LP2M (Lembaga Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat) untuk kota Sawahlunto dan Dinas Koperindag kota Sawahlunto.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan kepada promosi dan peningkatan tenun tradisional secara global dan berkelanjutan serta menciptakan kemandirian ekonomi dan inklusi keuangan untuk para penenun di ASEAN.

Pelatihan ini mendatangkan designer lokal dari Jakarta, yaitu Risza Novrianti untuk langsung melatih dan mengarahkan para peserta yang berjumlah 50 orang dari 5 kelompok Songket,Maju Bersama (BBS), Lasuang Manangih (Lumindai), Lantiak Malaweh (Kubang), Saik Galamai (Silungkang),Bagonse (Kubang Tangah), untuk berinovasi dengan songket hasil tenunannya.

Juprinaldi Sikumbang, SH pendamping dari LP2M menyatakan selama 5 tahun terakhir ini pelatihan ini menyasar pada krearifitas,inovatif dan variasi dari perserta dalam mengembangkan produk kain songket. “ nantinya didisain menjadi produk diluar baju,misalnya bisa menjadi produk tas, sepatu, sandal, syal, dan anting-anting” jelasnya.

Designer pelatihan ini, jelasnya yakni Risza Novianty menyamaikan disain menarik dan unik sehingga menambah variasi serta nilai jual dari kain songket, tidak hanya pakaian jadi sisa kainnya pun bisa menghasilkan barang yang berdaya jual.

“ Disini ditekankan pemberian warna alami, dari tumbuhan sekitar seperti daun jambu jadi abu-abu kehitaman, daun manggis jadi coklat susu, sebab perwarna alami ini mudah ditanam di halaman jadi tidak sulit untuk berproduksi” sebutnya.

Subyekti ASPPUK Marolip menyatakan pelatihan ini juga memberikan modifikasi motif songket, kombinasi warna, kreativitas padu padan motif dan warna serta melatih pengetahuan dasar tentang tekhnik pemasaran.(rni)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Saudi Arabia vs Malaysia di Piala Asia 2018

Saudi Arabia Kalahkan Malaysia di Laga Pertama Grup D

Spiritsumbar.com – Saudi Arabia berhasil meraih kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D gelaran ...