Beranda - Pendidikan - Artikel - Pendidikan TK,  Ini Yang Harus Dipahami Orang Tua

Pendidikan TK,  Ini Yang Harus Dipahami Orang Tua

Print Friendly, PDF & Email

Oleh : Feri Fren (Widyaiswara LPMP Sumbar)

Kebanyakan tujuan orang tua memasukkan anaknya ke Taman Kanak – kanak ( TK ) adalah agar anaknya bisa membaca, berhitung, menulis bahkan kalau bisa berbahasa Inggris sebelum memasuki jenjang Sekolah Dasar (SD).

Sebelumnya :

Anak TK Harus Bagaimana

Belum terpenuhinya keinginan orang tua tersebut, karena mereka belum mengetahui secara utuh tentang konsep belajar di TK.

Anak belajar di TK bertujuan untuk meletakkan dasar pendidikan. Dimana nantinya anak bisa bersikap baik, berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Memiliki pengetahuan sesuai kemampuan yang dimilikinya. Juga, memiliki keterampilan yang kreatif, dan bisa menciptakan hal – hal baru sesuai tingkatan umurnya.

Untuk mempelajari semua itu, anak belajar di TK memperolehnya dengan cara bermain dan berkreasi. Jelaslah disini, bahwa anak TK bukan mendalami bacaan dan menulis seperti tuntutan orang tua.

Hal ini telah di atur oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 0486/U/1992 tentang TK.

Dalam Bab II Pasal 3 menyatakan bahwa pendidikan TK bertujuan untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, prilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang di perlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Didalam sebuah lembaga pendidikan, khususnya sekolah TK juga mempunyai program pembelajaran yang sudah di tetapkan oleh aturan kurikulum dalam proses pelaksanaannya. Disini tugas pendidik di TK adalah untuk menggali potensi yang terdapat dalam diri anak didik bukan membelajarkan anak sesuai keinginan orang tuanya.

Lebih lanjut dijelaskan dalam Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaa Pembelajaran TK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan PAUD 2015 halaman 3.  Bahwa PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat di tentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.

Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik-integratif agar dimasa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh, untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

Selanjutnya :

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan TK

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pembangunan Daerah (PPD) Peringkat I Kategori Perencanaan dan Pencapaian Tingkat Kabupaten

Tanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional

SPIRITSUMBAR.com – Sejarah besar ditorehkan Kabupaten Tanah Datar di awal bulan suci Ramadhan 1440 H. ...