Beranda - Pendidikan - Apresiasi - Pendidikan Karakter Ciptakan SDM Berkualitas

Pendidikan Karakter Ciptakan SDM Berkualitas

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com – Globalisasi  telah melahirkan dunia tanpa batas. Hal ini akan berdampak dalam kehidupan masyarakat. Langkah filterisasi terhadap generasi sangat penting. Agar mereka tidak terjebak oleh hal yang merusak kehidupan.

Salah satu yang mesti dilakukan dengan mewujudkan pendidikan karakter. Karena, pendidikan merupakan pondasi dasar mewujudkan insan berkarakter. Melalui pendidikan berkarakter, akan melahirkan sumber daya manusia yang  cerdas dan berakhlak mulia.

Generasi bangsa juga harus memiliki wawasan kebangsaan melalui pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang baik.

Hal itu disampaikan anggota Lembaga Pengkajian MPR RI Dr. H. Alirman Sori, SH, M. Hum, MM saat menjadi pembina upacara di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (24/9/2018).

“Pendidikan berkarakter melahirkan sumber daya manusia yang “good and smart”. Untuk mewujudkan itu membutuhkan pondasi dasar yaitu pendidikan agama. Sedangkan, pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi pondasi agar generasi bangsa memiliki wawasan kebangsaan yang baik,” urainya.

Alirman Sori menegaskan, pembangunan kecerdasan intelektual dan kecerdasan mental dan spritual harus dilakukan secara seimbang untuk menciptakan generasi bangsa yang berkualitas. Masa depan suatu bangsa berada di tangan generasi penerus.

” Generasi yang cerdas secara intelektual dan spritual akan membawa kemajuan yang pesat bagi bangsa, begitu juga sebaliknya. Jadi, kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas generasi penerusnya,” tegasnya.

Alirman Sori berharap, siswa-siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/ SMK) untuk dapat meng-upgrade diri dengan berbagai bidang ilmu dan keterampilan. Tidak saja di bidang teknik, tetapi juga di bidang sosial, politik dan kemasyarakatan.

“Generasi bangsa juga harus paham dan peduli dengan kondisi sosial, politik dan kemasyarakatan karena Indonesia merupakan negara demokrasi,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Alirman Sori sangat mengapresiasi SMAN 2 Painan yang telah menuai berbagai keberhasilan dan prestasi. Namun demikian, dia mengingatkan agar tidak berpuas diri dan terus meningkatkan prestasi sekolah dan prestasi siswa.

“SMAN 2 Painan merupakan salah satu sekolah terbaik dan telah meraih berbagai prestasi, namun jangan berpuas diri. Terus memacu prestasi baik prestasi sekolah maupun prestasi anak-anak didik,” katanya.

Kepala SMAN 2 Painan, Tukino menyampaikan kebanggaan sekolah atas kehadiran putera Pesisir Selatan yang saat ini berkiprah di pentas nasional. Dia berharap, kehadiran itu memacu semangat siswa untuk belajar dan meraih prestasi.

“Suatu kebanggan bagi SMAN 2 Painan dan harapan kami adalah kehadiran beliau (Alirman Sori) dapat membawa pencerahan kepada siswa dan menjadi pemacu semangat belajar untuk meraih prestasi,” tandasnya. (rel)

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemkab Muara Enim belajar e-warung

Muara Enim Pelajari e-Warung Pemko Padang

SPIRITSUMBAR.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menjadi acuan bagi pemerintah daerah di Indonesia. Kali ...