Beranda - Headline - Pendamping Desa Harus Lakukan Segala Hal
Bupati Pasaman Barat bicara tentang ikan mina padi
Bupati Pasaman Barat bicara tentang ikan mina padi

Pendamping Desa Harus Lakukan Segala Hal

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padang Tujuh – Bupati Pasaman Barat H. Syahiran  resmikan aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Senin 20 November 2017 di Padang Tujuh.

Bupati Syahiran menegaskan, secara umum pendamping desa dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Pendamping desa sendiri dibagi dalam tiga kategori yang terdiri dari tenaga pendamping profesional, kader pemberdayaan masyarakat desa.
Artikel Lainnya

loading…


“Pendamping desa tidak hanya pendamping dana desa saja, kalau bisa pendamping desa bisa dalam segala hal di dalam masyarakat,” ujar Syahiran.

Dia menambahkan, pendamping desa selain melaksanakan tugas pokok diharapkan bisa mendekatkan hubungan nagari dan perangkat nagari dengan masyarakat. Sebab, tugas pokok pendamping desa dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Mendampingi desa dalam melaksanakan pengelolaan pelayanan sosial dasar pengembangan usaha, ekonomi desa, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna, pembangunan sarana dan prasarana desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Melakukan peningkatan kapasitas bagi pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan desa dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Melakukan pengorganisasian di dalam kelompok-kelompok masyarakat desa.

“Melakukan peningkatan kapasitas bagi kader-kader pemebrdayaan masyarakat desa dan mendorong terciptanya kader-kader pembangunan desa yang baru. Mendampingi desa dalam pembangunan kawasan pedesaan secara partifipatif, dan melakukan koordinasi pendampingan di tingkat kecamatan dan memfasilitasi laporan pelaksanaan pendampingan oleh camat kepada pemerintah daerah kabupaten. Jadi, urusan pendamping desa ini cukup banyak, dan kita berharap pendamping desa ini menjadi penerang wali nagari dalam bekerja,” urai Syahiran.

Ia menambahkan, jika di lihat pembangunan di nagari saat ini sudah jauh sekali mengalami kemajuan jika dibanding kan beberapa tahun belakangan ini. Namun, ada beberapa hal yang dicemaskan oleh semua pihak sebab dana di nagari cukup besar.

“Pendamping nagari inilah memiliki peran penting untuk mengawasi dana nagari. Pendamping nagari yang tersebar di seluruh nagari di Pasbar juga diharapkan bisa mengantarkan Pasbar keluar dari daerah tertinggal tahun 2019 mendatang,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasbar Yulianto juga mengimbau agar pendamping nagari bekerja dengan maksimal di dalam masyarakat. Berbuat untuk negeri ini merupakan salah satu visi dan misi dari pendamping desa.

“Mari kita bangun Pasbar menjadi lebih baik, di tangan kitalah Pasbar ini diharapkan bisa maju,” papar Yulianto.

Pendamping desa bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat, ujar Yulianto. Karena pendamping desa sehari-hari bergaul dengan masyarakat. Selain itu, Pasbar menjadi daerah nomor 3 di Sumbar tentang pengelolaan keuangan desa. (By)

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penemuan Sosok Mayat Gegerkan Warga Timpeh

Spiritsumbar.com, Timpeh – Warga Jorong Pinang Makmur Kanagarian Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, digegerkan dengan ada ...