Beranda - Foto - Peluang Usaha Penunjang Wisata Masih Terbuka

Peluang Usaha Penunjang Wisata Masih Terbuka

Print Friendly, PDF & Email

Banyak peluang usaha di bidang pariwisata yang belum ditangkap oleh masyarakat dan pengusaha, hal ini diungkapkan Efrianto, S.Sos, MM Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan kota Sawahlunto pada Rabu (10/2/2016) saat menggelar Forum SKPD yang dihadiri oleh masyarakat pelaku seni budaya, pelaku usaha penginapan, dan pengusaha kuliner.

Ia menuturkan bahwa beberapa travel agent yang membawa rombongan wisatawan ke kota ini membutuhkan akomodasi dengan harga yang kooperatif. Memberi potongan harga kepada travel agent itu adalah hal yang biasa dilakukan oleh pengusaha hotel.

Karena para pengusaha travel tentu membutuhkan keuntungan dari usahanya. Jika pengusaha hotel ataupun homestay di Sawahlunto bisa memberikan ‘harga yang kooperatif’ tersebut, tentu mereka akan tertarik untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke kota ini.

Selain akomodasi yang kooperatif, Sawahlunto juga masih membutuhkan adanya restoran atau usaha kuliner lain yang mampu melayani rombongan dalam jumlah besar. Untuk mensiasati minimnya sarana ini, Dinas Pariwisata sendiri telah berupaya menfasilitasi dengan cara menghubungkan travel agent dengan pengusaha catering, dan upaya ini cukup efektif dan diterima positif oleh wisatawan.

“Kita menyediakan spot makan siang atau makan malam yang bisa mereka pilih sesuai selera, apakah di area Puncak Cemara, di rumah adat tradisional atau lokasi wisata lain yang mereka inginkan. Sedangkan kulinernya akan dihantar oleh pengusaha catering ke lokasi” tutur Efrianto.

Kesiapan pelaku seni budaya kota ini tentu juga sangat penting dalam menyambut kedatangan rombongan wisatawan. Karena pertunjukan seni budaya biasanya juga masuk dalam paket wisata yang ingin disaksikan oleh wisatawan.

Pertunjukan tari-tarian, music tradisional atau permainan tradisional seperti kuda kepang, randai akan menarik disajikan kepada rombongan wisatawan. “Peluang ini terbuka kepada semua pelaku seni budaya, karena itu silahkan persiapkan paket pertunjukkan dan kami akan menfasilitasikan kepada travel agent” ujar Kadis Parwisata menjelaskan peluang usaha yang bisa ditangkap oleh pelaku usaha wisata kota ini.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Camat Lima Kaum Awali Tahun Baru Dengan Kunjungan Kerja

SPIRITSUMBAR.com – Mengawali tahun 2019, Camat Lima Kaum Afrizal, langsung lakukan kunjungan kerja ke Nagari ...