Jumat , 21 September 2018
Beranda - Berita Pilihan - Pelecehan Oleh Kapolres Way Kanan, Wartawan Pessel Gelar Aksi Solidaritas
Wartawan Pessel gelar aksi solidaritas (foto Niko)
Wartawan Pessel gelar aksi solidaritas (foto Niko)

Pelecehan Oleh Kapolres Way Kanan, Wartawan Pessel Gelar Aksi Solidaritas

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Painan – Puluhan wartawan di Pesisir Selatan (Pessel) melakukan aksi solidaritas terkait penghinaan yang dilakukan oleh Kapolres Way Kanan, Provinsi Lampung, AKBP Budi Asrul terhadap profesi wartawan.

Wartawan Pessel merasa tersakiti bila profesinya dilecehkan oleh orang yang tahu akan hukum.
Artikel Lainnya

loading…


Dimulai dari bundaran simpang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel. Puluhan wartawan yang terdiri dari media cetak dan elektronik yang bertugas di wilayah Pessel berjalan bersama sama menuju kantor instansi pemerintahan setempat.

Didepan kantor Bupati dan Kapolres Pessel, mereka menyampaikan orasi bahwa profesi jurnalis jangan dihina dan dilecehkan.

“Kita (jurnalis) adalah mitra dari pemerintah. Kami bukan mencari lawan. Tetapi kami bekerja untuk menyampaikan informasi kepada publik. Tidak satupun yang bisa menghalang halangi tugas kami. Sudah jelas profesi ini juga dilindungi oleh undang undang dan punya kekuatan hukum dan tentunya harus sesuai dengan kode etik”kata Mario salah satu Kordinator aksi damai tersebut, Kamis, (31/8/2017).

Sementara itu, Fahmi Yuhendra ketua Ikatan wartawan online (IWO) Pessel menegaskan agar bentuk penghinaan profesi jurnalis  yang terjadi di Lampung itu jangan sampai terjadi pula di pemerintah Kabupaten Pessel.

“Aksi damai ini dilakukan adalah sebagai bentuk rasa kepedulian kami sesama profesi. Apabila satu orang tersakiti, maka yang lain ikut juga” jelasnya.

Kata dia, profesi Jurnalis sudah diatur oleh undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Makanya, pelecehan dan intimidasi terhadap pekerjaan wartawan harus dilawan dihilangkan di Indonesia, termasuk Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam aksi solidaritas itu, puluhan wartawan Pessel menuntut agar Kapolres Way Kanan, Lampung AKBP Budi Asrul dicopot dari jabatannya. Dan tidak melakukan pembiaran atas mulut pejabat yang tidak beretika memimpin negeri ini.(Niko).

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pengumuman Rekrutmen CPNS_2018

Ini Formasi Rekrutmen CPNS 2018 untuk Pusat

SpiritSumbar.com – Sebagai tindak lanjut dari penyerahan formasi CPNS tahun 2018, kementerian/lembaga/pemerintah daerah, diwajibkan untuk ...