Beranda - Bisnis - PDAM Padang Panjang Bangun Layanan Air Siap Minum
jefie carter..

PDAM Padang Panjang Bangun Layanan Air Siap Minum

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Setidaknya ada dua berita menarik dari PDAM Padang Panjang pada  November 2018 ini. Pertama, PDAM kota itu meraih Ranking-9 terbaik dari 100 PDAM di Sumatera. Kedua, penyediaan layanan air siap minum yang dirialisir mulai Triwulan-I/2018 lalu akan dilanjutkan di dua kelurahan pada 2019 datang.

Dua informasi menarik itu disampaikan oleh Direktur PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Padang Panjang, Jevie Carter Eka Putra kepada pers, beberapa hari lalu. Ranking-9 terbaik di Sumatera diketahui dari pengumuman BPKP-RI baru-baru ini atas hasil pemeriksaan mereka atas kinerja PDAM tahun buku 2017.

Prestasi lainnya  PDAM Padang Panjang  termasuk  distribusi air mencapai sekitar 82 % lebih dari sekitar 57.000 jiwa penduduk kota. Segi kualitas, air yang didistribusikan hampir nihil bakteri. Sebab, selain sebagian besar sumber airnya bermutu bagus, juga diberi sedikit gas chlor, cairan pembasmi bakteri yang lebih rendah baunya dari kaporit.

Tidak hanya itu, PDAM Padang Panjang sejak Triwulan-I/2018 lalu itu juga mulai merealisasi programnya mendistribusikan air siap minum kepada pelanggan. Pada tahab pertama yang sudah dilayani adalah sebagian Kelurahan Silaiangbawah, tepatnya kawasan di kanan jalan raya Bukittinggi – Padang dari dekat Balaikota hingga Perumnas dekat batas kota.

Di Triwulan-I/2018 itu pula PDAM Padang Panjang juga menyediakan layanan air siap minum gratis untuk warga (public) kota tersebut. Di antaranya, pertama  di halaman depan Kantor PDAM Padang Panjang di tepi pertigaan jalan raya Padang–Bukittinggi/Solok. Kedua, di halaman Kantor Perdagangan dan Koperasi di Silaiangbawah.

Perkembangan lain, rehab ringan gedung Kantor PDAM terlihat menghasilkan interior cukup menarik. Ini terutama ruang tempat bayar rekening air, dan ruang direktur. Berikut, selain kebocoran air berhasil ditekan, tunggakan rekening air juga berkurang, juga ada inovasi di pola pembayaran rekening air dan pencatatan pemakaian air.

Di segi pembayaran rekening tagihan air, kata Jef, sapaan lulusan S1 dan S2 tehnik pertambangan ITB Bandung itu, bukan saja menyulap ruang bayar rekening jadi relatif mewah dan nyaman. Berikut, pembayaran bisa dilakukan lewat  teller bank dan ATM, juga dengan  bisa dibayar lewat mobile banking.

Sementara khusus rencana pengembangan penyediaan layanan air siap minum pada 2019 datang, Jef menyebut berlokasi di dua lokasi. Pertama, di Silaiangbawah, tepatnya kawasan kiri jalan raya Bukittinggi – Padang, atau seberang jalan dari kawasan yang sudah dapat layanan air siap minum sejak April 2018 lalu.

Kedua, di Kelurahan Bukiksurungan. Lokasi persisnya di sisi barat Jalan Soekarno-Hatta dari seberang Kantor Dinas PU hingga ke Kantor PDAM di pusat kota. Sistim yang dipakai dengan menjaga tekanan air di dalam pipa minimal 0,7 bar. Dengan begitu air tanah bisa tercegah masuk ke dalam pipalewat pipa yang bocor.(yetti harni).

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Khatam Bukan Berhenti Baca Al Quran

SPIRITSUMBAR.com – Membaca dan memahami Qur’an sangat perlu sekali Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt ...