Beranda - Pendidikan - Artikel - Pasangan Mata, Sudah Diprediksi Spirit Sumbar
Pasangan Mahyeldi - Hendri Septa yang bakal maju di Pilkada Padang 2018
Pasangan Mahyeldi - Hendri Septa yang bakal maju di Pilkada Padang 2018

Pasangan Mata, Sudah Diprediksi Spirit Sumbar

Print Friendly

Spiritsumbar.com, Padang – PKS dan PAN telah sepakat untuk mengusung Mahyeldi sebagai Calon Walikota Padang dan Hendri Septa, sebagai Calon Wakil Walikota Padang dalam Pilkada Padang 2018. Kesepakatan tertuang dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) dari DPP kedua partai yang pernah bernaung dalam Fraksi Reformasi di DPR RI tersebut.
Artikel Lainnya

loading…


Kalau dilirik ke belakang, lahirnya pasangan Mahyeldi – Hendri Septa (Mata) bukanlah suatu kejutan. Karena, koalisi kedua partai ini telah terbangun sejak lama, baik di pusat maupun di Kota Padang. Malahan, diawal reformasi, Ketua DPRD Padang periode 1999  – 2004, Maigus Nasir dari PAN saling berkolaborasi dengan Wakil Ketua DPRD Padang, Muhidi dari Partai Keadilan (sekarang PKS) dalam menjalankan agenda politik dan fungsi kedewanan.

Koalisi dalam Pilkada Padang, juga terjadi saat Ketua DPD PAN Padang saat itu, Fauzi Bahar memilih berpasangan dengan  Wakil Ketua DPRD Sumbar dari PKS, Mahyeldi. Walau dalam tantangan berat, lantaran dilanda bencana gempa, namun pasangan ini sukses mengembangun kembali Kota Padang.

Suatu hal yang menarik, keinginan untuk berkoalisi antara PKS dan PAN juga terjadi di Pemilihan Gubernur Sumbar, dengan memasangkan Fauzi Bahar dan Trinda Farhan Satria. Namun, hal ini gagal terwujud maka disaat last menit, muncullah Pasangan Irwan Prayitno – Muslim Kasim (alm) yang memenangkan Pemilihan Gubernur Sumbar periode 2010-2015. Kalau boleh jujur, Spirit Sumbar sudah meminta pada Fauzi Bahar agar berpasangan dengan Trinda Farhan Satria saat peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Quwait Banuaran dihadapan Mahyeldi, warga Banuaran dan Duta Besar Kuwait untuk Indonesia serta undangan yang hadir.

Upaya koalisi PKS dan PAN juga dibangun pada Pilkada Padang 2013. Beberapa kali Spirit Sumbar diajak diskusi oleh Ketua DPD PKS Padang, Muhidi (saat itu) untuk mencari pasangan Mahyeldi. Prioritas utama saat itu, memang Emzalmi, namun terkendala partai pengusung.

Nama Hendri Septa ikut dimunculkan untuk berpasangan dengan Mahyeldi pada Pilkada 2013 tersebut. Namun, yang  menjadi persoalan, Ketua DPW PAN, Asli Chaidir (saat itu) telah memunculkan nama M. Ichlas el Qudsi. Di sisi lain, Ketua DPD PAN Padang juga telah memiki jagoan sendiri.

Menghadapi Pilkada 2018, sejak awal Hendri Septa juga sudah menjadi salah satu target koalisi PKS dan PAN. Berbagai pertemuan dan penjajakan antar partai juga sering terjadi. Malahan, ini pernah Spirit Sumbar sampaikan dalam diskusi bersama kader PAN di Fraksi PAN DPRD Padang. Saat itu, ada Ketua Fraksi PAN, Masrul, Sekretaris DPD PAN Padang, Yandri, Anggota Fraksi Faisal Nasir, Kader PAN Yusri Efendi dan Azwar. Malahan, saat itu juga Anggota DPRD Padang dari Fraksi PPP, Maidestal Hari Mahesa.

Namun, yang lebih kuat kehadiran pasangan ini diprediksi  untuk mengembalikan koalisi besar secara nasional. Bukan mustahil, beberapa partai lainnya akan ikut mengusung pasangan ini. Semua, tentu saja untuk bagi bagi kue kekuasaan.  Siapa yang berani menolak titah DPP?

Saribulih

Selengkapnya>>> Pilkada Padang, Mahyeldi Pilih Berpasangan Dengan Hendri Septa

Sebelumnya   [ 1 ]   [ 2 ]

Baca juga:

loading…


Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Penemuan Sosok Mayat Gegerkan Warga Timpeh

Spiritsumbar.com, Timpeh – Warga Jorong Pinang Makmur Kanagarian Tabek Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya, digegerkan dengan ada ...