Senin , 23 September 2019
Beranda - Pariwisata - Event - Paragliding TROI Seri 2 Momen Promosikan Wisata
Bupati Agam didampingi Wakil Bupati bersama asisten III Pemprov Sumbar pukul tambua tanda dimulainya Troi seri II di Agam
Bupati Agam didampingi Wakil Bupati bersama asisten III Pemprov Sumbar pukul tambua tanda dimulainya Troi seri II di Agam

Paragliding TROI Seri 2 Momen Promosikan Wisata

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang –  Paragliding Trip Of Indonesia (Troi) seri dua yang di gelar di Objek Wisata Puncak Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, tidak hanya sebagai ajang olahraga semata, namun juga menjadi salah satu moment untuk mengangkat nama wisata di daerah itu, khususnya Puncak Lawang dan Danau Maninjau.

Hal demikian dikatakan Asisten Deputi Olahraga dan Rekreasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Bambang Hermansyah, saat pembukaan Lomba Paragliding TROI Seri Dua, di Objek Wisata Puncak Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Jum’at (5/5). Kitanya akan coba melalui lomba paragliding ini untuk mengangkat nama Danau Maninjau, seperti Danau Singkarak yang diangkat melalui balap sepeda, yang saat ini terkenal dengan Tour de Singkaraknya. Dan paralayang diangkat menjadi suatu tren di Danau Maninjau jelasnya.

Selain mengangkat nama wisata, juga menimbulkan dampak yang baik buat masyarakat, dan pelaku wisata di bidang perekonomian, dan meningkatkan destinasi pariwisata di Agam. Dikatakannya, ini merupakan ivent nasional, yang diikuti berbagai daerah yang ada di Indonesia, dan beberapa negara lain seperti Singapura dan Malaysia, di mana pada 2017 kegiatan ini dilakukan lima seri.

Seri pertama di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, seri dua di Kabupaten Agam, seri tiga di Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara, seri empat di Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, dan seri lima di Bondowoso Provinsi Jawa Timur. Menurut Bambang, kegiatan ini sasarannya untuk mengembangkan olahraga Paragliding bagi masyarakat Kabupaten Agam, yang mana sarana dan prasarananya di daerah itu sudah ada, serta meningkatkan destinasi wisata melalui konsep olahraga wisata dirgantara. Pemerintah Kabupaten Agam menyambut baik kegiatan itu, di mana untuk di Provinsi Sumatera Barat pemerintah pusat mempercayakan Kabupaten Agam sebagai pelaksana TROI Seri Dua tersebut.

Bupati Agam Ir. H. Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah mengatakan bahwa lomba Paragliding TROI Seri Dua 2017, di samping sebagai promosi pariwisata, juga merupakan ajang silaturahmi para atlet. Kawasan Danau Maninjau merupakan destinasi strategis pariwisata, baik tingkat provinsi maupun nasional. Ini menjadi ikon unggulan sejak lama terangnya.

Bupati berharap bahwa bagaimana peserta paragliding bisa mempromosikannya, yang merupakan salah satu tempat untuk pelaksanaan ivent paralayang ini terangnya. (Irman Naim)

Editor: Saribulih

Artikel lainnya

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Semen Padang FC usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman (foto LIB)

Semen Padang FC Taklukkan PSM Makassar

Posisi Kabau Sirah Masih Terkunci SPIRITSUMBAR.com, Padang – Semen Padang FC berhasil memetik kemenangan atas PSM ...