Beranda - Headline - Paradigma Pembangunan Sumbar ke Depan Harus Membuka Diri

Paradigma Pembangunan Sumbar ke Depan Harus Membuka Diri

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Jakarta – Paradigma pembangunan kedepan harus bisa membuka diri dari berbagai masukan positif, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Hal itu diungkapkan Anggota DPD RI asal Sumatera Barat, Dr. H. Alirman Sori, SH, MH. MM. dalam Focus Group Discussion (FGD) hari pertama di Balairung Sumatera Barat, Kamis (20/2/2020), siang.

Selain Alirman Sori, dalam FGD dengan juga hadir sebagai narasumber Mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman.



Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD RI ini menambahkan, kewjiban kepala daerah bukan hanya sekedar bisa mencari tambahan keuangan dari kementerian semata, karena tanpa harus “mengemis’ pada kementerian dalam pembagian dana APBN melalui DAU dan DAK ke daerah sudah ada formulasinya, sesuai undang-undang no 17/2003 dan undang-undang no 13/2004.

Artikel Lainnya

loading…


Tokoh nasional asal Pesisir Selatan ini menegaskan, kepemimpinan Sumatera Barat kedepan yang bermartabat adalah orang paham, mengerti dan mengetahui daerah ini.

Jika calon pemimpin tersebut terpilih hanya karena ketokohan dan kapital, maka sampai kapan juga Sumatera Barat tidak akan bisa menjadi sejarah lagi dinegri ini.

Sebenarnya mencari sosok pemimpin idealis tersebut tidak sulit, namun memang tidak ada yang sempurna, tapi pasti ada mendekati sempurna.

Mantan Ketua DPRD Pesisir Selatan ini menegaskan, pemimpin jangan hanya berfikir regional tapi tidak paham dengan lokal. Untuk itu perlu memperkuat perekonomian daerah terlebih dahulu, agar jangan hanya berkutat pada tataran daerah.

Sebagai anggota DPD RI aktif juga menjelaskan, hubungan secara kedinasan hubungannya dengan pemerintah daerah sampai saat ini masih berjalan baik.

“Apa yang dinginkan masyarakat dalam membangun dan meningkatkan perekonomian sebenarnya bisa diaplikasikan, jika saja pemimpin Sumbar kedepan bisa memberdayakan masyarakat, bukan hanya berfikir pada tataran usaha besar saja tapi juga pada tataran usaha masyarakat atau UMKM,” jelas Alirman lagi.

Sebagai anggota DPD-RI semua utusan yang terpilih tetap melakukan representasi pada daerah, itu dilakukan pada semua tingkatan pemerintahan.

“Untuk menentukan pemimpin Sumbar kedepan memang harus lebih cermat, intinya pemimpin kedepan harus piawai, memahami semua segi dan celah dari peningkatan perekonomian,’ ungkap Alirman.

Dalam diskusi tersebut juga dihadiri pembina JPS yang juga merupaka owner Tribun Sumbar HM. Nurnas, berlangsung cair dan hangat.(Salih/rls jps)



 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pusat Kirim APD untuk Sumbar

Spiritsumbar.com, Padang – Keluhan minimnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di Sumatera Barat ...