Kamis , 19 September 2019
Beranda - Headline - Para Petinggi RI Rayakan Hari Kelahiran OSO

Para Petinggi RI Rayakan Hari Kelahiran OSO

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang yang akrab dipanggil OSO, merayakan hari ulang tahun ke-69, Minggu (18/8/2019).

OSO merupakan senator kelahiran Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, 18 Agustus 1950.

Perayaan ulang tahun OSO digelar bersamaan dengan akikahan, Maisuri Syailendra Danindro, cucu keduabelasnya. Maisuri merupakan anak dari Putri Selaras Oesman alias Uti Buncis dengan Danindro Arionindito. Putri adalah anak perempuan OSO satu-satunya.



Ultah itu begitu semarak. Ramai masyarakat dari Jakarta, dan sekitarnya, termasuk sejumlah pimpinan lembaga negara. Terpantau hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Mahyudin, Ahmad Basarah, Wakil Ketua DPD Nono Sampono dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek.

Artikel Lainnya

loading…


Selain itu hadir pula sejumlah perwira tinggi Polri seperti Komjen M Iriawan, Irjen Boy Rafli Amar, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, dan lainnya.

“Ya ini kan persahabatan saja. Tidak ada yang pakai undangan. Dia tanya saya ultah, dia datang. Kalau ada waktu silakan datang. Mereka datang, ya Alhamdulillah,” ungkapnya terkait banyaknya tamu undangan yang hadir pada perayaaan ultahnya.

Perjalanan hidupnya tidaklah mulus. OSO menjadi yatim sejak usia delapan tahun. Ibunya seorang penjahit. OSO pun membantu meringankan beban ekonomi keluarga, dengan bekerja serabutan.

Dia pernah menjadi pedagang asongan di pelabuhan, kuli panggul, jualan rokok, hingga terjun ke dunia bisnis dan politik.

OSO memiliki semangat kuat dan pantang menyerah. Dalam beberapa kesempatan, OSO menegaskan bahwa doa dan kasih sayang ibu, membuatnya semakin kuat hingga akhirnya membuat dia bisa menjadi sukses.

“Jangan pernah malu kita siapa, tetapi yang malu kalau kita tidak jadi apa-apa,” kata OSO saat menerima audiensi 340 peserta final Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar 2017 di Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/8) lalu.

OSO pun mengingatkan jangan pernah lupa asal-usul. Dia menegaskan, sebagai orang yang berasal dari desa, maka jangan pernah melupakan desa. “Membangun desa harus dengan martabat,” katanya, Sabtu (10/8) lalu di Kayong Utara.

Dalam acara ulang tahun kemarin, OSO mengucapkan terima kasih kepada Tuhan karena masih diberikan umur yang panjang.

OSO mengatakan bahwa acara perayaan ulang tahun itu sekaligus sebagai perpisahan akhir masa jabatannya sebagai Ketua DPD dan Wakil Ketua MPR RI.



Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku dirinya memiliki hubungan baik secara pribadi dengan OSO selama belasan tahun. “(OSO) sudah saya anggap kakak sendiri dan teman diskusi, termasuk (selama) jadi Kapolri sering diskusi. Apalagi dia formal Ketua DPD. Tentu kehadiran kami untuk menghargai beliau, memberi selamat dan doa semoga diberi kesehatan, umur panjang, dan terua bisa baktikan diri kepada nusa dan bangsa,” ungkapnya.(Rel)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mencetak gol

Pesta Gol, Timnas U 16 Pemuncak Klasemen Grup G Piala Asia

Semenit kemudian giliran Athallah Araihan yang mencatatkan namanya di papan skor. Melalui aksi individu, Atahallah ...