Beranda - Pariwisata - Destinasi - Pantai Laut Selatan Nuansa Alam Yang Masih Natural
Riyon
Riyon

Pantai Laut Selatan Nuansa Alam Yang Masih Natural

Print Friendly, PDF & Email

Oleh: Riyon

Kabupaten Gunung Kidul, satu-satunya Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan kekayaan  obyek wisata alam yang sangat luar  biasa di Pesisir Selatan Samudera Indonesia.

Kekayaan alam  Geopark Kab.Gunung Kidul bukan hanya Luweng Ombo, Gua Pindul,  Pantai Parang Tritis. Namun, khususnya pantai-pantai laut selatan yag masih sangat natural belum terkontaminasi kerusakan  ekosistem lingkungan. Bahkan, empat obyek wisata yang saya  kunjungi , dengan perjalanan menerobos hutan produksi (hutan jati) sunguh luar basa seakan rasa penatpun hilag seketika ketika sampai ketempat tujuan.

Perjalanan saya  dari Yogyakarta, Sabtu  (23/6/2018) sekitar  pukul  09.30 Wib  menuju Desa Girikerto, Kecamatan Panggang Kab.Gunng Kidul. Dengan kendaraan roda empat ditempuh sekitar satu tiga perempat jam. Melalui perbukitan Gunung Sewu jalanyapun mulus aspal HotMix dengan lebar sekitar 4 meter.



Jalan ini baru diaspal tahun anggaran 2017 lalu menurut keterangan salah seorang pegawai Dinas Pariwisata Pemkab Gunung Kidul Sunyoto (50). Pembangunan  sarana dan prasarana ke obyek wisata pantai selatan daerah Kab.Gunung Kidul disamping dari dana APBD juga dari sebagian dana desa.

Saat saya  datang,  itu situasi dan kondisi daerah tersebut musim kemarau. Banyak  dedaunan jati berserakan ditanah yang kering kerontang berbatuan karst.

Namun kepedulian masyarakat didesa-desa pantai selatan, konsisten dengan kearifan lokalnya, orang memikat burung saja tidak boleh, apalagi merusak alam. Hutan jati itu memang sangat rentan andai kata terjadi kebakaran. Masyarakat setempat saling bahu membahu menjaganya.

Misalkan  andaikata orang tak sengaja membuang puntung rokok saja kawasan hutan jati yang luasnya puluhan ribu hektar bisa habis dilalap jago merah. Alhamdulilah sampailah yang tempat tujuan yaitu di Pantai Kesirat.

Namun 10  km sebelum memasuki daerah Pantai Kesirat ada pos yang dikelola oleh Pokdarwis Desa Girikerto, Kec Panggang. Karcis masuknya cuma Rp 5 ribu. Itu para pengunjung sudah bisa pergi ke tempat obyek wisata pantai selatan antara lain : Kesirat, Woh Kudu,Nguluran dan Gesing.

Selanjutnya : Pantai Kesirat, Keindahan Alam Yang Penuh Misteri



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Indonesia vs Hongkong

Hanif Datang, Indonesia Langsung Juara

Spiritsumbar.com, Bekasi – Timnas U-23 Indonesia mengalahkan timnas U-23 Hong Kong 3-1 pada laga pamungkas ...