Beranda - Headline - Padang Timur Bertekad Bumikan Al Quran
Camat Padang Timur Ances Kurniawan melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Mushalla di Andalas
Camat Padang Timur Ances Kurniawan melakukan peletakan batu pertama Pembangunan Mushalla di Andalas

Padang Timur Bertekad Bumikan Al Quran

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Kecamatan Padang Timur ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-38 tingkat Kota Padang. Sebagai tuanrumah, kecamatan ini telah mempersiapkan diri dengan bertekad membumikan Alquran di Kota Padang.

“Lewat pelaksanaan MTQ ke-38 ini, kita bertekad membumikan Alquran dalam rangka mewujudkan masyarakat Kota Padang yang agamis, harmonis dan berkarakter Islami,” tegas Camat Padang Timur Ances Kurniawan di Media Center Pemko Padang, Rabu (17/10).

MTQ itu sendiri menurut rencana digelar 25-28 Oktober ini. Ances menuturkan, disebut membumikan Alquran di Padang karena selaku tuan rumah pihaknya ingin nilai-nilai luhur Kitab Suci Alquran diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

“Selain itu, sebagai tuanrumah, Kecamatan Padang Timur tentunya ingin mencapai kesuksesan. Sukses sebagai tuanrumah penyelenggara, termasuk sukses prestasi dan keluar sebagai pemenang diantara sebelas kecamatan yang ada,” terangnya dalam kesempatan itu bersama Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padang Timur Damri, S.Ag dan Akmaluddin, S.Ag, M.Ag dari Sekretariat Lembaga Pemgembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Padang.

Ditanya tentang kesiapan Padang Timur sebagai tuanrumah pelaksana MTQ, camat muda itu pun mengatakan bahwa pihaknya telah mematangkan persiapan hingga 80 persen sampai saat ini. Termasuk hal baru yang diterapkan yakni menggunakan semua prosedur dan rangkaian informasi perlombaan secara online nantinya.

Nantinya, MTQ akan dibuka di halaman Masjid Baitul Hadi jalan Aur Duri Indah, Kelurahan Parak gadang Timur, Kamis sore (25/10). Sebelumnya akan didahului pawai ta’aruf yang diikuti para kafilah dan offisial utusan dari 11 kecamatan se-Kota Padang yang dimulai ba’da ashar atau sekira pukul 16.00 WIB.

“Pawai ta’aruf dimulai dari Lapangan Korem Tarandam melewati jalan Kesatria, jalan Parak Pisang, jalan Air Camar, jalan Aur Duri dan Aur Duri Indah hingga finish di Masjid Baitul Hadi. MTQ kali ini akan melibatkan sepuluh lokasi (venue) di 10 kelurahan yang ada di Padang Timur sebagai tempat untuk lomba,” tukuknya.

Lebih lanjut kata Ances, demi meriahkan lomba keagamaan dua tahunan itu, pihaknya akan menghadirkan beberapa hiburan bernuansa Islami. Diantaranya menghadirkan penyanyi gambus Nurkhairat atau yang juga dikenal Khairat KDI pada pembukaan nantinya.

“Insyaallah semoga warga Kota Padang dapat merasakan semarak keagamaan selama pelaksanaan MTQ nanti. Sehingga tercapailah impian dan harapan kita demi Kota Padang sebagai kota religi,” harapnya.

Di samping itu, tambah Ances lagi, MTQ ini juga bukan ajang lomba semata, namun memiliki jenjang dengan mengukir prestasi di tingkat kota bahkan mewakili kota di tingkat provinsi dan nasional nantinya.

“Semoga para kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaiknya di masing-masing cabang perlombaan. Sehingga akan lahir para qari-qariah yang akan membawa harum nama Kota Padang,” tandasnya mengakhiri.

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat menggelar latihan

Heboh, Kalteng Putra Minta Ganti Wasit Jelang Pertandingan

SPIRITSUMBAR.com – Laga Match 6 Grup A, 8 Besar Liga 2 yang mempertemukan Semen Padang ...