Beranda - Fokus - Padang Panjang Produsen Susu Terbesar di Luar Jawa
Usaha pengembangan sapi perah di Padang Panjang
Usaha pengembangan sapi perah di Padang Panjang

Padang Panjang Produsen Susu Terbesar di Luar Jawa

Print Friendly, PDF & Email

Baik itu keperluan studi banding oleh Lembaga terkait, survey/penelitian oleh Mahasiswa/peneliti,juga pengenalan dunia peternakan sapi kepada anak-anak seperti murid SD.

Dengan potensi besar ini, upaya terbaru dilakukan oleh Pemko Padangpanjang dengan Dinas Pertaniannya antara lain sudah menjalin kerjasama dengan Balitbang Pasca Panen Kementerian Pertanian RI. Juga, merintis kerjasama dengan Fonterra (assosiasi koperasi usaha sapi perah dari New Zealand). Disamping usaha internal Pemko sendiri, dan lainnya.
Artikel Lainnya

loading…


Upaya lewat kerjasama dengan Balitbang Pasca Panen Kementan RI, antara lain program pelatihan membuat keju dan yogurt lengkap dengan bantuan peralatannya yang akan direalisir pada 2018 ini. Itu termasuk rencana merenovasi bangunan bekas Kantor Ketahanan Pangan di Gantiang, Padangpanjang Timur oleh Pemprov Sumbar

Sedang rintisan kerjasama dengan Fonterra, kegiatan ini menurut Syahdanur sejalan mengisi perjanjian kerjasama Pemerintah RI dengan New Zealand 2016-2026 di bidang pengembangan usaha sapi perah dan produk hilirnya di Indonesia. Dalam perjanjian ini lokasinya adalah Jawa Tengah, dan Sumbar dengan pusatnya di Kota Padangpanjang.

Sejalan itu oleh Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat juga telah merencanakan ada tujuh kota/kabupaten lain di  Sumbar sebagai area pengembangan usaha tersebut. Nantinya, produksi susu segar dari ketujuh lokasi itu dihimpun ke Padangpanjang setiap hari untuk diolah menjadi berbagai produk hilir yang siap dipasarkan.

Masih dalam upaya peningkatan produksi susu perah, Pemko Padangpanjang juga berencana membangun pabrik mini susu sapi UHT (Ultra High Temperature). Produk susu UHT ini akan mampu tahan enam hingga delapan bulan, jadi bisa menekan angka kerugian dibanding susu olahan pasteurisasi yang hanya tahan  sepekan, apalagi yang direbus hanya tahan 1-2 hari.

Khusus terkait upaya memperoleh izin edar dari BPOM, Kadis Pertanian Syahdanur menyebut, saat ini Pemko juga tengah bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam pembiayaan pengurusan izin edar dari BPOM. Jika izin edar dari BPOM sudah ada, produk susu sapi perah Padangpanjang akan bisa bersaing di pasar yang lebih luas.(Mutiara Jeyhan)

Sebelumnya >>>

Padang Panjang Produsen Susu Terbesar di Luar Jawa

[ 1 ]   [ 2 ]

 

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rahmi

HOTS Dalam Matematika SMA

Menganalisis berarti memahami masalah yang terdapat dalam soal. Kita akan menganalisis apa-apa saja informasi yang ...