Selasa , 17 September 2019
Beranda - Fokus - Padang Kekeringan, Amrizal Ajak Shalat Istisqa’
Amrizal Hadi
Amrizal Hadi

Padang Kekeringan, Amrizal Ajak Shalat Istisqa’

Print Friendly, PDF & Email

SpiritSumbar.com,  Padang – Terkait kekeringan yang terjadi, DPRD Padang mengimbau Pemko Padang dan warga untuk melakukan shalat minta hujan (istisqa) agar hujan segera diturunkan Allah.

“Imbauan ini untuk warga dan pemerintah Kota Padang, agar menggelar salat istisqa, sehingga hujan segera diturunkan Allah,” ujar anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Amrizal Hadi, Sabtu (10/2/2018).

Ia mengatakan, Pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kantor Kementerian Agama hendaknya segera menggelar salat minta hujan. Dijelaskan, salat yang diikuti berbagai elemen masyarakat ini nantinya diharapkan hujan bisa segera turun

“Shalat istisqa’ merupakan bagian dari upaya umat muslim berserah diri kepada Allah untuk meminta diturunkan hujan sehingga harus didukung oleh pemerintah dan masyarakat,”ucapnya.

Menurutnya, hampir seluruh wilayah Padang tidak pernah diguyur hujan selama satu bulan terakhir sehingga membuat udara panas dan suhu tinggi terutama pada siang hari. Disebutkan, dampak buruk kondisi cuaca menyebabkan kebakaran lahan dan semak sehingga mengganggu aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Makanya, pemerintah bersama pihak terkait agar menggelar salat minta hujan, sehingga wilayah Kota Padang secara keseluruhan di guyur hujan sehingga suhu dan udara menjadi nyaman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Gustin Pramona menyerukan, umat Islam memenuhi persyaratan salat istisqa. Isi seruan yakni menganjurkan puasa sebelum salat, beristigfar dan bertobat atas segala salah dan dosa serta meninggalkan kedzaliman dan memperbanyak amal saleh.

“Setelah melihat kondisi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga mengakibatkan kepada kekeringan di Kota Padang dan berdasarkan atas Alquran dan Sunnah. Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan istisqa,” ujarnya. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

PKKS, Siapa Takut

SPIRITSUMBAR.com, Padang Panjang – Menindaklanjuti dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 ...