Beranda - Headline - Nasib Jondul, Bergelimang Banjir Dikala Hujan
Amril Amin
Amril Amin

Nasib Jondul, Bergelimang Banjir Dikala Hujan

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Padang – Anggota Komisi III DPRD Padang Amril Amin mendukung pembuatan Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Banjir di Kota Padang. Menurutnya kondisi banjir di Padang saat ini perlu penanganan serius sehingga persoalan itu dapat diatasi dengan baik.

“Penanggulangan banjir di Padang perlu dilakukan secara terstruktur dan terarah, sehingga jelas target dan hasil yang akan dicapai. Untuk itu perlu adanya Perda sebagai dasar hukumnya,” kata Bendahara Fraksi PAN DPRD Padang ini, Rabu, 31/5/2017.

Dia mencontohkan daerah Jundul Rawang, sejak puluhan tahun lalu selalu tergenang oleh banjir, jika hujan turun sedikit saja. Tragisnya, tidak ada penyelesaian persoalan masyarakat tersebut. “Ini tentu perlu menjadi perhatian serius Pemko Padang,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini, saluran drainase yang tersedia tidak memadai untuk menampung air jika terjadi hujan cukup lebat. Tidak itu saja, juga saluran yang ada mayoritas sudah  tersumbat baik oleh sampah dan sedimen. “Ini tentu perlu penangan ekstra dan terstruktur. Untuk itu perlunya Perda,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, Prof. Isril Berd menyatakan, menyikapi banjir besar yang melanda Padang, Rabu (31/5/2017), Padang membutuhkan perda pengendalian banjir. “Sudah saatnya, Padang ada peraturan daerah tentang pengelolaan banjir,” tegas Isril Berd.

Pada kesempatan itu, ia tidak bisa menyalahkan pemerintah daerah, karena Isril melihat komitmen pemerintah terhadap pengendalian banjir sudah ada. Sayangnya, sampai saat ini belum mampu menekan banjir yang terjadi secara mendadak. Akibatnya beberapa daerah di Padang mengalami banjir.

Dari analisisnya, curah hujan cukup tinggi, mengakibatkan terjadinya banjir. “Karena intesitas hujan tinggi dengan curah cukup besar, alhasil Padang kembali digenangi air. Bahkan juga terjadi di luar kota yakni di Pesisir Selatan,” jelasnya. (Zetri)

Editor : Saribulih

Artikel lainnya:

loading…


Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam Gantikan Awan Setho di Timnas Senior

SPIRITSUMBAR.com, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memutuskan memanggil kiper Semen Padang, Teja Paku ...