Jumat , 21 September 2018
Beranda - ADVERTORIAL - Nagari Sinuruik Berdayakan Semua Potensi
Pembinaan Olahraga Sepakbola di Sinuruik Wali Cup I oleh Wali Nagari Sinuruik Frianton
Pembinaan Olahraga Sepakbola di Sinuruik Wali Cup I oleh Wali Nagari Sinuruik Frianton

Nagari Sinuruik Berdayakan Semua Potensi

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com – Talamau – Pemerintah Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus berupaya memaksimalkan penyerapan anggaran alokasi pendapatan dan belanja nagari tahun anggaran 2017.

Sekretaris Nagari Sinuruik Dasril mengatakan saat ini pemerintah Nagari Sinuruik terus melakukan upaya pembangunan di segala bidang. Mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat guna memajukan perekonomian dan geliat kemajuan nagari.

Pelatihan Petugas Pendataan Profil nagari
Pelatihan Petugas Pendataan Profil nagari

Ia menambahkan gambaran geografis Sinuruik merupakan nagari yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Induk, yakni Kabupaten Pasaman. Nagari Sinuruik terdiri dari 7 kejorongan memiliki luas lebih kurang 12. 936 Ha, dengan jumlah penduduk lebih kurang 10. 581 jiwa.

Di tahun  2017 sejumlah program yang terus dilaksanakan yakni, Apel Gabungan stake holder pemerintahan Nagari, Bhabinkamtibmas, Babinsa Nagari, PPL Nagari, Bidan jorong se nagari, kepala jorong se nagari, Da’i Nagari yang dilakukan setiap hari Rabu.

Selain itu, di Nagari Sinuruik sudah dibentuk Pondok Alqur’ an Nagari. Program ini atas prakarsa dari wali nagari. Untuk yang pertama sekali Festival Batang Sinuruik telah sukses digelar dan pertandingan sepakbola Wali Nagari Sinuruik Cup I sukses dilaksanakan.

Sedangkan bantuan Stimulan Jamban Masyarakat sebanyak 25 paket sudah dibangun melalui kemitraan dengan TNI, Sambungan Listrik Gratis bagi rumah tangga kurang mampu.

Pelatihan Kelompok Sadar Wisata
Pelatihan Kelompok Sadar Wisata

Pemerintahan Nagari Sinuruik di tahun 2017 memperoleh kunjungan. Diantaranya KPPN sebagai nagari Sampel mewakili Pasbar Untuk pengelolaan Dana Desa TA 2017. Juga, kunjungan dari kemenkes sebagai tim penilai Kabupaten Sehat 2017 dari Nagari Sinuruik ditunjuk mewakili nagari lainya. Serta, Kunjungan tim penilai kabupaten sehat Kabupaten Pasbar dari KemenKes RI.

Guna meningkatkan pemahaman serta pengetahuan, Pemnag Sinuruik mengadakan kegiatan pelatihan di nagari. Diantaranya, pelatihan petugas pendata profil nagari dan pelatihan petugas  pengentrian data profil nagari. Seterusnya, pelatihan Pokdarwis, pelatihan peningkatan kapasitas Bamus dan pelatihan Bumnag. Juga, pelatihan peningkatan kapasitas guru TPA/ MDA, pelatihan peningkatan kapasitas pengurus kelompok tani se Nagari Sinuruik dan pelatihan kelompok masyarakat Siaga Bencana Nagari Sinuruik.

Paparan oleh Sekna Nagari Sinuruik Dasril saat penilaian Kab.Sehat di Nagari Sinuruik
Paparan oleh Sekna Nagari Sinuruik Dasril saat penilaian Kab.Sehat di Nagari Sinuruik

Sementara itu, Wali Nagari Sinuruik Frianton mengatakan disamping Pembangunan sumber daya manusia pembangunan infrastruktur nagari melalui alokasi  Dana Desa Nagari Sinuruik. Telah melaksanakan pembangunan Jembatan legger, Jorong Sianok Pasar Baru dengan pagu dana Rp130 juta,  Pembangunan gedung MDA Jorong Paraman dengan Pagu Dana Rp178 juta, Pembangunan jalan rabat beton Jorong Benteng dengan pagu dana Rp83 juta.

Berikutnya>>>

Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Rakor Penerimaan CPNS 2018

Dari 864 Formasi CPNS Sumbar, 613 Jatah Guru

SpiritSumbar.com – Pemerintah telah mengumumkan pembukaan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 untuk ...