Minggu , 15 Desember 2019
Beranda - Headline - Nagari IV Koto Wakil Dharmasraya di Tingkat Sumbar

Nagari IV Koto Wakil Dharmasraya di Tingkat Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Nagari IV Koto Pulau Punjung, sebagai nagari yang mewakili daerah itu di tingkat Sumatera Barat dalam penilaian transparansi penggunaan dana desa dalam rangka mewujudkan nagari yang traparansi.Dalam

“Tim penilai lomba transparansi dana desa bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar memilih Nagari IV Koto Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung, menjadi utusan Dharmasraya,”, Kamis, (13/12/2018) di Aula pertemuan kantor Nagari IV Koto Pulau Punjung .

Hadir dalam acara tersebut, ketua tim penilai Rusdi Lubis, Anggota, Akral Khairul Anwar, sedangkan dari PWI Sumbar hadir, Guspen Khairul dan Zulnadi serta Kadis DPMD Dharmasraya, Amdi Amri, Sekretaris, Hasto Kuncoro, staf ahli bupati, Masri Yanda Boy

Peda kesempatan itu Ketua Tim Penilai propinsi Rusdi Lubis,mengatakan beberapa indikator ditetapkannya Nagari IV Koto Pulau Punjung mewakili Dharmasraya, diantaranya telah melakukan publikasi kegiatan dana desa melalui media cetak, elektronik, online, sosialisasi dana desa melalui baliho, sosialisasi melalui mesjid, rapat resmi sampai ke warung-warung.

Bahkan, pemerintah nagari menyurati Inspektorat dan Kejaksaan Negeri setempat agar dilakukan pemeriksaan penggunaan dana desa oleh dua instansi tersebut.

“Menurutnya terobosan hal ini luar biasa karena biasa walinagari takut diperiksa, tetapi Walinagari IV Koto Pulau Punjung, sebaliknya.” ujarnya.

Ia menambahkan selanjutnya tim penilai akan memberikan pembinaan terhadap Pemerintah Nagari dalam rangka mempersiapkan penilaian tingkat Provinsi.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Dharmasraya, Maryadi mengemukakan penilaian transparansi dana desa digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sumbar bekerja sama dengan PWI.

PWI Dharmasraya menyambut baik kegiatan tersebut karena banyak manfaat yang diperoleh. Seperti mengawasi penggunaan dana desa agar wali nagari tidak terlibat penyelewengan yang dapat merugikan masyarakat.

“Tidak saja wali nagarinya, kepala daerah juga dinilai bagaimana peran pemerintah dalam mengawal proses dana desa. Hal in akan terlihat selama proses penilaian nanti,” ujarnya.

Sementara itu Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung, mengatakan, ditunjuknya nagarinya mewakili Dharmasraya, ditingkat provinsi merupakan hasil kerjasama dari seluruh elemen masyarakat serta instansi pemerintahan.

” Kami berharap, dengan ditunjuknya nagari kami mewakili Dharmasraya ketingkat Sumbar, dapat memberikan hasil yang maksimal,” harapnya.(eko)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Semen Padang ke Liga 2, Pelatih Minta Maaf

SpiritSumbar.com, Semarang – Upaya Semen Padang FC untuk  meraih poin  penuh pada laga sisa dikandaskan ...