Beranda - Pariwisata - Budaya - Mustika Yana Resmi Menyandang Gelar Yang Dipertuan Kinali
Gelar Sako Kinali Pasaman Barat
Gelar Sako Kinali Pasaman Barat

Mustika Yana Resmi Menyandang Gelar Yang Dipertuan Kinali

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com | Kinali – Mustika Yana resmi menyandang gelar sako adat yang dipertuan Kinali di kediaman Puti Durian Kilangan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Rabu (12/7/2017). Pada awalnya, penobatan, Mustika Yani menimbulkan riak dari Suku Koto Kampuang Kinali.

Baca: Ditenggarai Gelar Adat, Warga Kinali Demo Bupati Pasaman Barat
Artikel Lainnya

loading…


Terlihat hadir Daulat Parit Batu TK Hendri Eka Putra yang diwakili hakim nan sambilan beserta rombongan. Juga, pucuk adat luhak Nan Saparampek Ramadhan Tanjung Dt. Sinaro beserta rombongan,TK. Yudis Maha Rajo Bosa Pucuk Adat Kiawai beserta rombongan, Nasar Rajo Buaian Pucuk adat Nagari Ladang Panjang beserta rombongan. Termasuk, alim ulama,cadiak pandai,bundo kanduang beserta undangan lainnya.

Dalam penobatan gelar sako Dipertuan Kinali juga hadir kasrem 032 Wirabraja Kol.Arh. Soni Septiono, Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, Dandim 0305 Pasaman,Letkol Arm Cosmas Pramundhito, Ketua Komisi I DPRD Pasaman Barat, Basio yang didampingi anggota DPRD lainnya.

Sebelum Penobatan dilangsungkan Gusnipar Majosadeo mengatakan,gelar sako yang Dipertuan Kinali terhadap Mustika Yana ini telah melalui proses yang panjang. “Mulai dari duduak adat hingga baralek gadang tujuah hari tujuah malam, yang berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Maka pada hari tambah Majosadeo, adalah hari bersejarah bagi Kinali yang mana gelar sako Dipertuan Kinali disandangkan Kepada Mustika Yana.

Sementara Hakim nan sambilan Daulat parit Batu melalui Majosadeo, sepakat mengangkat kemenakan Mustika Yana sebagai dipertuan kinali.

“Kami selaku jajaran daulat Parit Batu telah sama sama menyaksikan penobatan gelar sako Dipertuan Kinali kepada Mustika Yana,semoga kemenakan kami menjalani amanah ini sebaik baiknya untuk membangun kinali,”harapnya.
Ia juga menyampaikan salam Maaf Daulat Parit Batu yang tidak bisa hadir,sebab ada halangan,”Untuk itu beliau memerintahkan kami hakim nan sambilan untuk hadir,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu,TK. Mustika Yana mengucapkan terima kasih kepada Angku Datuak se Nagari Kinali.”Kita akan tata kembali adat basandi sarak sarak basandi kitabullah,” ucapnya.

“Mari bersatu kita bangun Kinali untuk lebih maju lagi. Apapun persoalan adat di Nagari Kinali kita Musyawarahkan karena tidak ada benang kusut yang tidak dapat di selesaikan,” ajak Mustika Yana. (AF)
Editor : Saribulih

Baca juga:

loading…


loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Jelang Hadapi PSS Sleman, Pelatih Semen Padang FC Tambah Amunisi

SPIRITSUMBAR.com – Semen Padang FC bakal menghadapi tuan rumah PSS Sleman dalam laga kedua, Liga ...