Beranda - Headline - Muhayatul : Maksimalkan Peran Pesantren

Muhayatul : Maksimalkan Peran Pesantren

Print Friendly, PDF & Email

Spiritsumbar.com, Tarusan – Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat mengunjungi beberapa pondok pesantren di Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Salah satu yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren Iqra’ di Kenagarian Barung Barung Belantai Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Senin (19/2/2018).

Dalam kunjungan ini hadir pihak yayasan beserta kepala pesantren yang juga ketua MUI Kecamatan Koto XI Tarusan dan beberapa orang wali nagari yang ada di lingkungan pesantren iqra’ serta beberapa tokoh masyarakat Tarusan.

Pada kesempatan ini Muhayatul yang merupakan putra Pesisir Selatan ini berpesan, agar pesantren iqra’ ini tidak hanya sebagai lembaga pendidikan saja, tetapi juga berfungsi sebagai lembaga sosial dan penyiaran agama.

Lebih lanjut Muhayatul yang juga Wakil Ketua DPW PAN Sumbar ini menyampaikan Pesantren Iqra’ sebagai lembaga pendidikan diharapkan ikut bertanggung jawab terhadap proses pencerdasan anak bangsa. Kemudian secara khusus pesantren sebagai ini lembaga pendidikan keagamaan bertanggung jawab mengisi qalbu anak bangsa dengan nilai – nilai agama dan akhlak yg tinggi. Sehingga terwujud anak bangsa yang intelektual religius dan bermoral yang tinggi.

Sebagai lembaga sosial, pesantren membuka peluang seluas luasnya kepada anak bangsa untuk mendapatkan pendidikan tanpa memandang dan membedakan dari sisi ekonomi orang tua anak. Juga,  memberikan kemudahan bagi anak-anak yang kurang mampu, agar mendapatkan hak yang sama dalam menuntut ilmu di pesantren ini. Sehingga semua anak bangsa ini dapat mengecap pendidikan agar terbangun perubahan pola pikir yang positif dilingkungan masyarakat.

Sebagai lembaga penyiaran agama, pesantren ini mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan melibatkan masyarakat dalam kegiatan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan mengutus para santri untuk berdakwah ke masjid dan mushala yang ada di Pesisir Selatan ini hendaknya. (Salih)

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang FC saat menggelar latihan

Heboh, Kalteng Putra Minta Ganti Wasit Jelang Pertandingan

SPIRITSUMBAR.com – Laga Match 6 Grup A, 8 Besar Liga 2 yang mempertemukan Semen Padang ...