Beranda - Berita Pilihan - Monev KI, Alwis : Sumbar Harus Informatif

Monev KI, Alwis : Sumbar Harus Informatif

Print Friendly, PDF & Email

SPIRITSUMBAR.com – Jajaran  PPID Utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar di Diskominfo terkejut saat    mereka sibuk kegiatan verifikasi Daftar Informasi Publik (DIP). Tim verifikator didatangi  Sekdaprov Sumbar Alwis selaku Atasnama PPID Utama Pemprov Sumbar, Senin 17/6/2019.

“Pertama sekali, karena masih di Bulan Syawal, kita bersilaturahmi dengan Diskominfo Sumbar. Di samping itu, selaku Atasan PPID Utama, saya juga bertanggungjawab terhadap keterbukaan informasi pada seluruh OPD yang ada dilingkup Pemprov Sumbar,”ujar Alwis mengendurkan ketegangan tim.

Menurut Alwis di zaman tekhnologi saat ini, keterbukaan informasi adalah keniscayaan yang mesti didapat masyarakat.

loading…


“Pemerintah sebagai penyelenggara negara harus transparan. Jika perlu anggaran pun kita publish ke masyarakat. Jadi publik tahu uangnya dipakai buat apa,”tegasnya.

Memacu keterbukaan informasi ini, tambah Alwis, pihaknya akan memberdayakan dan menggunakan seluruh potensi yang ada agar OPD berkomitmen memberikan informasi.

“Bersama Komisi Informasi (KI) Sumbar, kita akan mendorong keterbukaan informasi di ranah minang ini. Rencananya, KI akan mengadakan sosialisasi kepada seluruh OPD yang ada tanggal 20 Juni mendatang, saat itu saya  akan berikan stresing penguatan keterbukaan informaai,”sebutnya

Untuk diketahui, dari 50 OPD yang ada, bari sekitar 32 OPD yang telah menyerahkan DIP ke PPID Utama Diskominfo.

“OPD yang belum menyerahkan DIP akan kita beri sosialisasi. Jika, masih lalai, akan kita sangsi. Tidak bisa main-main, keterbukaan informasi itu amanah undang-undang,” tambahnya.

Menuju target provinsi informatif, setiap OPD diminta mengirimkan kurang lebih 400 DIP-nya. Gubernur pun telah meminta lembaga terkait serius mengejar target ini.

Seperti diketahui, pada pemeringkatan tahun lalu, Sumbar mendapat predikat provinsi menuju informatif. Untuk 2019 ini, pimpinan daerah meminta agar provinsi berlogo ‘tuah sakato’ ini dapat menuju cluster ‘informatif’.(rel).



loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Pemain Semen Padang berupaya menahan bola

Semen Padang FC Menang Besar

Memasuki menit ke-20, tim Kabau Sirah hampir saja mampu menggandakan keunggulan. Setelah Flavio Beck mendapatkan ...