Beranda - Headline - Moesni Udin Berharap Orang Minangkabau Kembali ke Jati Dirinya
Masyarakat Minangkabau dengan pakaian yang sesuai dengan falsafah ABS SBK begitu indah dipandang mata – Mai Bundo

Moesni Udin Berharap Orang Minangkabau Kembali ke Jati Dirinya

Print Friendly, PDF & Email

Spirit Sumbar – Bundo Kanduang Kabupaten Pesisir Selatan, Hj. Moesni Udin, S.Pd mengadakan sosialisasi dan pelatihanTatanan adat istiadat dalam pembentukan sikap dan perilaku pada masyarakat Minang Kabau, di Kenagarian Painan, Selasa, (13/10).



Menurut nya hal ini perlu dilakukan, seiring kondisi perkembangan zaman serba modern saat ini. Banyak masyarakat tak lagi berjalan dengan norma-norma adat yang berlaku di Minangkabau.

Dalam kontek itu, ditekankan bahwa adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah yang merupakan pedoman penting dan patut dilaksanakan.

Ia menyebutkan sopan santun diberbagai sektor perlu di terapkan ke tengah kehidupan bermasyarakat. Seperti sopan santun dalam berbicara dan berbusana guna membangun prilaku masyarakat minang kabau yang punya adat istiadat.

Dua hal ini, lanjutnya, sangat memberikan menfaat jika masyarakat selalu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ditambahkan, pakaian mencerminkan identitas seseorang. “Dari cara berpakaian orang akan tahu siapa kita. 80 persen anak anak kita di kota banyak jadi korban, akibat berpakaian yang tak sopan. Oleh karena itu, bagi orang tua, marilah kita jaga tatacara anak kita berbusana. Supaya tidak terjadi hal-hal negatif,” terang nya saat memberikan pelatihan adat istiadat.

Jadilah dalam keluarga kita, menjadi contoh teladan bagi anak-anak dan masyrakat




NIKO

loading...

Tentang Saribulih

mm
Seorang praktisi pers yang juga bergerak dibidang pendidikan. Menulis dan berorganisasi merupakan hal yang mutlak baginya. Prinsipnya, seorang guru harus jadi penulis, karena dengan menulislah cakrawala dan kemampuan akan terus terasah. Organisasi juga suatu kebutuhan, karena bisa dimanfaatkan untuk bertukar pikiran

Baca Juga

Mahyeldi

Mahyeldi Antara Ekor Gajah atau Kepala Semut

Oleh: Isa Kurniawan (Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar/Kapas) Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah merupakan satu dari sekian ...